Mengurus Perpanjangan STNK

Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor

Kali ini kita jeng-jeng ke yang serius-serius. Kita akan jeng-jeng ke kantor SAMSAT. La ngapain?

Berhubung sepeda motor adalah sarana transportasi yang mendukung aktivitas per-jeng-jeng-an saya, maka sebagai warga negara yang baik, tertib administrasi merupakan sesuatu yang harus dipatuhi.

Kebetulan, beberapa hari ke depan STNK sepeda motor tunggangan saya akan habis masa berlakunya, maka saya pun mengajukan perpanjangan STNK.

Mungkin banyak di antara temen-temen yang belum mengetahui langkah-langkah dan prosedur pengurusan perpanjangan STNK, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat.

Seperti yang kita ketahui, setiap tahun kita harus membayar pajak kendaraan bermotor. Sedangkan STNK memiliki masa berlaku selama 5 tahun.

Nah, untuk membayar pajak saja, kita sebenarnya bisa melakukan pembayaran di tempat kita berdomisili selama masih dalam satu propinsi. Misalnya kalo STNK saya bernomor Solo sedangkan saya berada di Cilacap, maka saya bisa melakukan pembayaran pajak STNK di kantor SAMSAT Cilacap. Ini semua bisa dilakukan karena konon sistem pembayaran pajak sudah online dan terhubung ke sistem di Semarang.

Sepeda motor saya tercatat di Kabupaten Karanganyar, karena rumah saya walaupun berada di kawasan Solo, tetapi secara administratif termasuk ke dalam Kabupaten Karanganyar. Yah, bisa dibilang Solo pinggiran lah.. :))

Saya pun langsung menuju ke kantor SAMSAT Solo karena memang letak kantor ini tak jauh dari rumah saya, sekitar sak-plinthengan lah. ๐Ÿ˜€

Saya kemudian bertanya dulu kepada petugas di sana apakah saya bisa melakukan perpanjangan STNK di kantor situ. Eh, ternyata tidak bisa dan saya harus mengurusnya ke kantor SAMSAT Karanganyar. ๐Ÿ™

Ya sudah, saya pun segera mancal motor ke ibukota Kabupaten Karanganyar. Jaraknya memang lumayan jauh, mengingat ibukota kabupaten berada di sebelah timur Kota Solo sedangkan rumah saya berada di kawasan utara Kota Solo.

Singkat cerita, saya pun sampai di kantor SAMSAT Karanganyar. Setelah memarkir motor, saya pun menuju ke kantor SAMSAT dan bertanya tentang prosedur yang harus saya lalui.

Awalnya saya mengira kalo prosedur birokrasi yang harus saya lalui akan sangat panjang, ternyata prosedur tersebut cukup singkat. Tetapi walau begitu, waktu kita akan banyak terkuras karena kita harus antri dan menunggu proses pengurusannya. ๐Ÿ˜€

Baiklah, mari kita mulai saja prosedur dari pengurusan STNK ini.

  1. Siapkan STNK dan KTP. Identitas yang tertera pada STNK harus sama dengan yang ada di KTP. Karena STNK yang saya pegang atas nama bapak saya, maka saya pun membawa KTP bapak saya yang ternyata masih KTP kuning itu. ๐Ÿ˜€
  2. Bila mau mengurus perpanjangan STNK, bawa pula BPKB asli. Kalo cuma mau membayar pajak, ndak usah membawa BPKB.
  3. Fotokopi KTP dan STNK masing-masing sebanyak 4 lembar. Kalo pengen ringkas dan ndak mau repot, biasanya di sekitar kantor SAMSAT ada jasa fotokopian. Petugas di fotokopian ini biasanya sudah hafal. ๐Ÿ˜€
  4. Kalo kita mau memperpanjang STNK, kita harus melalui prosedur cek fisik. Cek fisik ini untuk mengambil data nomor rangka dan nomor mesin mobil/motor dengan cara menggesekkan pensil ke atas kertas khusus yang ditempelkan di atas nomor mesin/rangka yang biasanya dicetak pada rangka/mesin.
    Untuk mendapatkan kertas khusus ini, kita harus menunjukkan STNK asli dan menyerahkan fotokopi STNK satu lembar. Setelah itu kita bisa minta tolong pada petugas yang ada untuk melakukan penggesekan ini. Sebagai ongkos jasa penggesekan, saya dimintai duit 2.000 rupiah. Biaya ini resmi atau bukan, saya kurang tau. Yang pasti saya ikhlas ngasih karena para petugas ini biasanya kaum wong cilik yang gajinya ndak seberapa. ๐Ÿ™‚
    Yang cuma membayar pajak, langkah ini bisa dilewati dan langsung menuju langkah berikutnya.
  5. Setelah semua syarat siap, kita harus mengambil formulir pendaftaran. Tunjukkan STNK asli dan KTP asli serta lampirkan selembar fotokopi STNK dan KTP masing-masing 1 lembar.
    Kita tidak perlu mengisi formulir ini karena formulir ini sudah berisi data-data kendaraan kita. Formulir berwarna biru ini kemudian dibubuhi materai senilai 5.000 rupiah. Kita diminta membayar materai ini.
  6. Setelah itu kita menuju ke bagian pengurusan. Setelah menyerahkan STNK asli, KTP asli, fotokopian STNK dan KTP yang tersisa, serta formulir tadi, kita diminta untuk menunggu. Bagi yang mau memperpanjang STNK biasanya diminta menunjukkan BPKB asli.
  7. Menunggu. Ya, proses inilah yang paling membosankan. Anda bisa melakukan beragam aktivitas untuk menghilangkan kebosanan. Mulai dari utak-atik HP, dengerin mp3, atau kalo memungkinkan bisa juga ngeblog.. :))
    Untungnya di kantor ini sudah menerapkan sistem antrian menggunakan nomor sehingga antrian menjadi lebih tertib.
  8. Bayar ke kasir. Di sini kita akan diminta membayar biaya-biaya yang terdiri dari Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan asuransi Jasa Raharja. Karena saya melakukan perpanjangan STNK, saya dikenai beban biaya administrasi STNK dan biaya pembuatan plat nomor. Selain biaya tersebut ada juga biaya balik nama dan sangsi-sangsi kalo misalnya terlambat. Di sini KTP asli kita akan dikembalikan.
    Total biaya yang harus saya bayarkan adalah 200.000 rupiah dengan perincian 138.000 rupiah untuk PKB, 22.000 rupiah untuk Jasa Raharja, 25.000 ribu untuk administrasi STNK, dan 15.000 rupiah untuk plat nomor.
  9. Setelah membayar, kita menunggu lagi. Setelah menunggu, kita akan mendapatkan STNK baru dan bukti pembayaran pajak kendaraan bermotor. \:d/
  10. Selesai.

Cukup mudah dan singkat, bukan? Tapi memang akan lebih singkat lagi kalo kita mengurusnya melalui calo. :)) Apalagi bagi yang ndak punya waktu dan kesempatan karena terlalu sibuk. ๐Ÿ™‚ Bayar uang sekian, terima beres. ๐Ÿ˜€

Tapi ada yang cukup mengherankan. Kenapa plat nomor yang biasanya jadi paling lama seminggu setelah pengurusan, kok saya disuruh kembali lagi untuk mengambil plat nomor itu SEBULAN lagi ya? ๐Ÿ˜•

Uniknya lagi, kalo dulu STNK berwarna kuning, STNK baru yang saya terima berwarna biru. ๐Ÿ˜€

Hehehe.. Karena saya sedang puasa jeng-jeng, maka saya nulis ini saja.. :-”

Semoga informasi ini bermanfaat. ๐Ÿ˜‰

72 thoughts on “Mengurus Perpanjangan STNK”

  1. wah…aku durung tau ngurus yang kek gituan tuh…
    eh…emang omahmu di jajar ato kerten???
    kok sak-plinthengan?
    rumah gw di karangasem jek…
    kapan2 maen yuk…*hayah*
    jeng2an ke susu segar *she jack*
    ๐Ÿ˜€

    ~kangenGwSamaSolo

  2. awal bulan februari 2007 aku ngurus bayar pajak tahunan STNK.. hehe.. cuma 1.5 jam.. btw aku sih salut sama KANTOR SATU ATAP SLEMAN, well. semuanya jadi cepat…
    btw yang bikin lambat itu para calo.. yang reseh… trus di loket.. mereka maen kode2.. supaya didahulukan…
    ya gitulah.. Indonesia. tetep saja ada KKN.

  3. hwakakak *ngakak baca komennya zam*

    ih, stnk yang biru udah sejak taon 2005 kale… kayak stnk-ku… huhuhuhu
    kalo di yogya, tinggal ke koperasi deket samsat. dateng pagi bwt ngasih stnk, bpkp dan ktp, ntar siang ambil lagi… ngga perlu potokopi… ada biaya tambahan 10rb bwt pak calo *selalu menggunakan tenaga calo*

    ๐Ÿ˜›

  4. zam… mending awak dhewe bisnis calo wae yuk… ketoke bathi-ne lumayan iso dienggo blonjo kebutuhan TAรขโ€žยข

  5. hm… biasanya klo ngurus perpanjangan KTP, SIM, or STNK tu deket hari kelahiran ya…. ๐Ÿ˜€
    *eblizzรขโ€žยข mode: on*
    hayoo dab…. mangan2 sik…. buat merayakan ulang tahun pak pimpinan :))
    ni dah bulan maret kan…. kekna ada yg ulang tahun niy… g ga bilang ridlo jg ultah lo…..
    btw kapan ke kos lagi? NFS menunggu….

  6. ndak nduwe motor mas, opone sing di perpanjang..rambut pow ๐Ÿ˜›

    ps : mas..bagaimana kalo kita jeng-jeng nyari barang2 antik..sekitar tahun 60 sampe 80 an ..

    yuukkss…:D

  7. lihat komennya Fareez,
    oh jadi ke samsat itu dalam rangka riset toh Zam? TA mu berhubungan dengan STNK? hehehee…

    Setuju, mending ngurus sendiri… cepet kok jaman sekarang, tapi pake calo juga gpp ding, itung2 baantuin calonya

    Dulu aku ngurus paspor malah temenan sama salahseorangcalo… soalnya nanya dia mulu prosedurnya. hehehe… calo juga baik hati yak. :d

  8. wah … aku dah dua kali mbayar pajek
    di sragentina tapi, soale pitku AD xxxx HE
    sing paling sux bagian potokopi, mosok potokopi cuman 4 lembar bayare 3000?????
    dong dong dong …

  9. kalo saya, tentu saja lebih efisien dengan menggunakan biro jasa. biro jasa langganan saya merupakan biro jasa yang paling terkemuka di parijs van java… untuk bayar pajak, biasanya hanya perlu menambahkan “uang jasa” sebesar Rp. 35.000,- hal ini kurang lebih saja dengan mengurus langsung. menurut pengalaman saya, jika mengurus langsung, dikenakan biaya pembelian formulir 5000, ongkos gesek bervariasi ke tukangnya (saya kemarin kasih 5000, karena beliau yang membongkarkan motor, menggesek dan memasang kembali), dan kemudian formulir itu divalidasi lagi dengan biaya 5000. total saya keluar duit 15rb diluar pajak yang tertera di lembar pajak. itu masih belum ditambah beberapa pungutan beberapa ribu oleh pemda dan polda dengan alasan sumbangan ini-itu.

  10. mo tanya alamatnya samsat karag anyar? kebetulan awal Juli 2007 pajak kendaraan GC ku juga mo habis dan encana akan aku mutasikan ke madiun karena aku orang madiun . kalau ada prosedur cabut berkas bagaimana dan sukur sukur dengan biayanya. kutunggu informasinya
    tks
    darmaji

  11. Kalau alamat di KTP dengan STNK beda gimana? Bisa tidak diwakili dengan SIM?
    Saya kebetulan sudah ber KTP Solo, tapi STNK masih Klaten, dan masih di dealer ๐Ÿ˜€

    Ada saran Pak?

    Terima kasih.

  12. ๐Ÿ˜• hari gini udah ga jaman lg pake calo2 segala..mending urus sendiri :-” kinerja samsat di beberapa daerah juga dah bagus kmrn saya perpanjang di samsat serpong bsd, disitu ada tulisan max pengurusan perpanjang stnk adalah 45 menit..setelah saya tunggu :-w sambil nonton gosip di tv :d eh ternyata 30 menit lebih dikit dah beres semuanya..percaya ga percaya sih ๐Ÿ˜ฎ tau sendiri kan bagaimana kinerja administrasi di indonesia ๐Ÿ˜•

  13. klo pengalaman aku bayar pajak/perpanjang ga usak cek fisik.tapi kalo ganti stnk yg habis setelah 5 th baru kita cek fisik

  14. saya kok meperpanjang STNK lebih mudah dari tulisan yg diatas ya? ga perlu cek fisik, ga perlu bayar materai segala, ga perlu gesek apa…

  15. calo sih bole2 aje tapi ojo seng ngapusih. yang propesional aja kale. indonesia kan belum bebas kooooooruuuupsiiiiiiiiiiiii

  16. untuk dptin plat No kendaraan baru brp lm nunggunya mas………:-?
    thanks to informasinya

  17. sebelum 2009, sekitar juli
    setelah pajak plat no bisa langsung diambil,karena proses pembuatan plat sebenernya cuma butuh waktu 30 detik (cepet kan). Tapi gak tau sekarang kok butuh waktu 1 bulan, mungkin MALES atau apalah (biasalah para pelayan public). :((
    Tapi kl memang mepet terburu-buru butuh Plat Nomor itu saat itu juga, bisa kok ngasih Uang Jajan ma yang buat. pasti langsung jadi [-(

  18. mau tanya: klu ngurus balik nama spd motor sendiri untuk spd mtr di jakarta kira2 habis biaya brp ya?
    Terimakasih sblm-nya….

  19. sy mau tnya info ttg perpanjang stnk kend bermtr yaitu mobil.sy pnya mbl espass pick up thn 2004,pajak sdh mati 2 thn dan byr 3 thn hdp. Stnk a.n org lain dan sy tdk bs menghub yg bersangkutan. Yg sy mau tnya apa benar denda yg hrs kta byrkan 2 x dr biaya pkb/pjk krn 3thn perpjg di tmbh denda 2x jd total yg hrs sy byr 5x pkb dtmbh biaya adm n bbn? Sy tgu infonya.trmksh

  20. ๐Ÿ˜• saya mau perpanjang stnk dan membayar paja kendaraan motor saya yg sudah habis kendalanya stnk motor saya atas nama ibu saya yg sudah wafat dan gimana caranya untk memperpanjang stnk tersebut

  21. mau tanya mas?..saya orang banjarnegara sebuah kota di jawatengah….
    sekarang saya bekerja di surabaya..dan bulan oktober yang akan datang stnk saya akan habis masa berlakunya….
    dan yang saya tanyakan..apa kalau mau memperpanjang stnk/ganti plat….motor juga harus dibawa ke samsat juga?…padahal saya di surabaya…kalau disuruh bawa motor ke samsat kan jauh banget,,,,tolong infonya…terimakasih

  22. saya punya honda 100 tahun 90.mati pajaknya 5 taon.nek mau perpanjangan n balik nama sekitar berapa biayanya? nek seumpama ganti warna motor di stnk,bisa gak? nek bisa berapa bianyanya? tks b4

  23. mas, stnk saya atas nama kakak. Tp beliau almarhum bbrp bulan yang lalu. Dan ternyata saat sebelum beliau wafat, ktp almarhum sudah ga valid lagi.
    Nah pertanyaanku apakah bisa make ktp yang tidak valid lagi?
    Thanks

  24. Klo motor nya atas nama ibu saya…trus saya yang mau mebayarkan pajak motornya..apa saya harus bawa surat kuasa segala??
    Mohon infonya ya..TQ

  25. Makasih ya mas..
    Kebetulan mesti majekin motor, iseng iseng nyari info di mbah gugel kok dapet ini.
    Motor saya juga terdaftar di karanganyar. Tapi lagi dipake mbakyu di Madiun.

    Tambahan info dr kakak, ngurus pajak/STNK di Madiun hanya butuh 10 – 15 menit. cepet. Salut buat kepolisian!

    Tetep semangat sebar informasi ya..
    Bermanfaat buat orang banyak!

    Sukses!

  26. mas, aku tuku motor nang riau, tapi ktp ku sukoharjo. Pas wayahe mbayar pajak, aku gek ditolak wi thah. Akhire yo ra tak bayar wae

  27. makasih buat infonya…
    kalo misalnya gesek no.mesinnya dilakukan dirumah gmn,tapi uda minta kertas geseknya gt..,,boleh ga ya?..apa tes fisiknya diliat motorny jg..?,,

  28. gan mau nanya kalo mau ganti plat nomor saja tetapi tidak perlu membawa motor karena saya sudah cek fisik sendiri di Samsat dekat rumah, bisa tidak ya????
    sekian dan terima kasih

  29. Thanks bro… tapi I kenanya lebih banyak bro 2 kali lipat malah.I perpanjang STNK dan ganti plat moto. I coba pake biaya jasa..yg katanya cuman 10rb aj. tapi yg harus I bayar 4 ratusan. dengan biaya pajak motor 200rb. and emang terlambar kisaran 3 harian. Klo yg agan sebut disitu byr hanya 22rb, 25rb, and 15rb untuk plat nomor. so sbnrnya yg harus I bayar kan hanya 260 an atau paling besar kisaran 300 an. nah sisa yg I bayar (karna byrnya 400an) itu…untuk apa? thank U. B 4.

Comments are closed.