SKJ 88

Senam Kesegaran Jasmani

Ketika saya jeng-jeng di dunia maya, secara tak sengaja saya menemukan sebuah lagu yang unik dan menarik. Gimana ndak menarik, lagu ini mampu membangkitkan kembali kenangan dan nostalgia saya dulu ketika SD, yaitu diadakannya Senam Kesegaran Jasmani alias SKJ setiap hari Jumat pagi.

Temen-temen yang seangkatan dengan saya mungkin pernah mengalami masa-masa SKJ ini. Seingat saya, ada 2 jenis SKJ yang pernah saya alami, yaitu SKJ 88 dan SKJ 92. Ya, angka-angka itu adalah angka di mana gerakan senam ini dibuat, yaitu pada tahun 1988 dan 1992. Bahkan SKJ 92 ini masih eksis hingga saya SMP. πŸ™‚

Senam Kesehatan Jasmani adalah kegiatan yang “diwajibkan” pada masa itu. Setiap hari Jumat pagi, sekitar jam 6, seluruh murid disuruh ke lapangan atau halaman sekolah. Dengan berseragam batik, kami semua senam mengikuti gerakan-gerakan yang sudah diatur dan sama di seluruh penjuru negeri itu.

Ada seorang instruktur, yang biasanya adalah guru olah raga, atau salah seorang murid yang ditunjuk untuk memimpin gerakan senam. Bahkan saya pernah tergabung dalam tim SKJ 92 untuk mengikuti lomba SKJ. πŸ˜€

Gerakan-gerakan senam ini meliputi gerakan pemanasan, gerakan inti 1 sampai 4, dan pendinginan. Pemanasan pertama adalah jalan di tempat dengan berbagai variasinya, kemudian memasuki gerakan inti 1 hingga ke-4 dengan selingan jalan di tempat pada setiap perpindahan gerakan. Setelah 4 gerakan inti ini selesai, ada gerakan pendinginan yang berupa gerakan lambaian tangan dan mengatur pernafasan. Tetapi secara detailnya, saya lupa! πŸ˜€

SKJ 88 dan SKJ 92 memiliki gerakan yang berbeda, walau struktur gerakannya adalah sama. Ada pemanasan, gerakan inti, dan pendinginan. πŸ˜€

Nah, lagu yang saya dapatkan ini adalah lagu SKJ 88. Bagi yang belum pernah mengalami masa SKJ ini, mungkin heran dan ngerasa aneh dengan lagu ini. Sedangkan yang pernah mengalami, mungkin tersenyum geli dan kembali teringat masa-masa itu. Apalagi nuansa era 80-annya kental sekali. Bagi penggemar grup musik Club 80’s mungkin cukup familiar. Lagunya lebih banyak mengandalkan unsur keyboard dan berirama disko. \:d/

Baiklah, silakan unduh lagu SKJ 88nya. πŸ˜€

Nah, setelah pengunduhan selesai, segera putar lagu itu dan mari kita coba ingat kembali gerakan-gerakan senam tersebut. Entah ini gerakan dari SKJ 88 atau SKJ 92, pokoknya ini seingat saya! Kalo ada yang masih ingat, tolong menuliskannya di komentar. πŸ˜€

Gerakan pemanasan. Pertama, badan berdiri tegap, kemudian ketika lagu dimulai, tangan direntangkan lalu digerakkan ke atas kemudian kedua telapak tangan bertemu di depan dada seperti gerakan orang bertapa hingga hitungan 1 sampai 8 selesai.

Setelah itu, dimulailah gerakan jalan di tempat. Hitungannya masih 1 sampai 8. Setelah hitungan ke delapan, kita menghadap ke kanan sambil terus jalan di tempat sebanyak 4 hitungan, lalu kembali menghadap ke depan sebanyak 4 hitungan. Setelah itu kita menghadap ke kiri sebanyak 4 hitungan dan kembali menghadap ke depan sebanyak 4 hitungan.

Kemudian dengan masih jalan di tempat, kita masuk ke gerakan inti pertama. Kedua tangan memegang pinggang, lalu gerakan kepala mengangguk lalu menoleh ke kanan, kemudian mengangguk dan menoleh ke kiri. Gerakan ini dilakukan kira-kira sebanyak 4 kali.

Lalu.. Lalu apa ya? πŸ˜•

Oiya. Setelah itu kalo ndak salah, kita merentangkan kedua tangan dan kaki, lalu menepukkan tangan ke atas, lalu merentangkan kembali dan kemudian kembali ke sikap semula. Gerakan ini dilakukan sebanyak 4 kali. Setelah itu, seingat saya disambung dengan gerakan kedua tangan diletakkan di depan. Kemudian melakukan gerakan seperti mengangkat barbel dengan kedua tangan.

Setelah itu, gerakan disambung lagi dengan meletakkan kedua tangan di depan muka seperti orang menangkis pukulan. Kemudian kedua tangan dibuka ke kiri dan ke kanan lalu ditutup kembali ke depan muka sambil badan bergeser ke kanan sebanyak 2 langkah lalu bergeser ke kiri 2 langkah.

Abis itu, apa lagi, ya? πŸ˜• Kalo ndak salah ada gerakan seperti gerakan orang fitnes di gym gitu. Ada gerakan seperti memompa, gerakan seperti memanah, menarik tali, dan ada pula gerakan meloncatnya. Pokoke gerakannya ringan, lincah, dan ceria.

Karena saya lupa gerakan intinya, kita langsung saja ke gerakan pendinginan saja. πŸ˜€ Gerakannya kalo ndak salah ada unsur peregangannya. Kedua jari tangan dipertemukan di antara sela-sela jari, lalu didorong ke depan dengan telapak tangan menghadap ke depan. Setelah ke depan, kita menghadap ke kanan dan meluruskan tangan ke depan seperti tadi. Setelah itu gantian menghadap ke kiri, lalu ada gerakan mendorong tangan ke atas.

Setelah itu ada gerakan mengambil nafas, dengan merentangkan tangan dari bawah terus ke atas kepala sambil menarik nafas panjang. Setelah tangan sampai di atas, nafas dikeluarkan sambil tangan kembali diturunkan perlahan. Gerakan ini dilakukan 2 kali dan setelah itu selesai! #:-S

Jadi penasaran dan pengen mengulangi lagi gerakan senam itu. Lucu juga kayaknya kalo kita melakukan gerakan senam itu lagi. Walau sepertinya ringan, tapi kalo dilakukan secara serius, bisa bikin keringat juga lo. πŸ˜€

Ada yang masih ingat gerakannya? πŸ˜•

101 thoughts on “SKJ 88”

  1. pertamaaaaaaaaaaaaa…..
    wuah..aq ada loh kaset n vcd SKJ 2000…heheh..aerobik, yoga, poco-poco juga ada..
    *ibuku ngajar aerobik je di rumah*

  2. Saya juga termasuk yang semangat kalo pas senam SKJ dulu. Pernah ikut lomba juga, dan menang! hehe
    Padahal kalo sekarang ngeliat orang SKJ, koq kayaknya aneh-aneh gerakannya?!?
    Btw, SKJ koq pake baju batik???

  3. aerobik ato cuci mata??tu kaya’e hot2 tuh cewenya, gmn sodaraku nitip satu yaa?
    Bagus juga sih aerobik bwt orang yang suka jeng2…

  4. ih skj 88? jamanku masuk sd, kalo ngga slh skj 92,,, terus aku kelas 3 ato 4 gt, mulai skj 98… tapi aku ngga banyak ikut soale habis sakit parah dan ngga boleh olahraga, bahkan senam sekalipun huhuhuh T_T

    terus pas smp, dah ngga ada skj lagi… yang ada namanya senam AYO BERSATU! buat bahan ujian lagi!! huhuhuh… saya sangat ahli, sampe2 pas SMA dikirim bwt haornas πŸ˜›

    btw, nek kowe seneng senam, brarti anda tinggal di kota yg tepat. orang yogya maniak banget sama senam πŸ˜›

  5. wekekek… wis lali kabeh yo opo sename. padahal dulu favorit lho kalo lagi pas jam pelajaran OR. tapi cmn sampe SD tok, SMP aja ga pernah ada senam. Ketika SMA malah disuruh menciptakan gerakan senam sendiri.

    lagu sing aku isih kelingan untuk skj 92 kjlo ga salah judule yamko rambe yamko (bener ora yo, lali je :p )..

    *ee..yamko rambe yamkoo.. aronawa HOMBRENG hombre…* πŸ˜€ hehe..

  6. wah… jadi inget masa lalu (aku lupa dulu waktu SD pake SKJ berapa, pastinya jadul)

    trus dulu awal2 kuliah pernah belajar Senam Ayo Bersatu!!! (makin aneh aja namanya)

  7. wew.. kalo ga salah dulu waktu ikut SKJ 88, erakan inti yg pertama tuh gerakan kaki seperti ngebentuk huruf V jadi kaki kanan ke kanan sedikit sambil maju trus kaki kiri ke kiri sedikit sambil maju. itu aja yg g inget… πŸ™‚
    soalna dulu guru olahraga g waktu sd permpuan sih >:)
    trus gerakan laen pada lupa πŸ˜€
    btw klo ga salah dulu taon 2001 ada senam pagi n aerobik di GSP UGM tp kok ya skrg ga ada. menurut kabarna sih dah di pindah ke UNY. ada yg udah pernah nyobain senam yg di UNY???

  8. A Ha..!!!
    Saya juga ingat sama senam ini πŸ˜€
    Cuman ga inget yang dulu saya biasa praktekin itu yang versi berapa ;-p
    Nadanya saya masih inget2 lupa.
    Tapi kalo gerakannya kayaknya saya udah lupa2 inget… (banyakan lupanya dari pada ingetnya… :))

  9. “Setelah itu, gerakan disambung lagi dengan meletakkan kedua tangan di depan muka seperti orang menangkis pukulan. Kemudian kedua tangan dibuka ke kiri dan ke kanan lalu ditutup kembali ke depan muka sambil badan bergeser ke kanan sebanyak 2 langkah lalu bergeser ke kiri 2 langkah. ”

    senam po karate to zam?

  10. wah satu-satunya olahraga yang aku senangi cuma renang. jadi senam SKJ kagak suka tuch!:P kecuali klo sajojo or poco2 coz klo sambil menghayati musiknya serasa ajeb2 juga tuch! πŸ˜€

  11. wah saya cuma ikut SKJ (beneran) dua kali… EBTA SMP SKJ 88.. trus EBTANAS SMA SKJ 92.. hehehe

    betul kata berlian… enakan poco2 … ajeb-ajeb…ajeb-ajeb… ajeb-ajeb…

  12. Ahahahaha… saya jadi ingat senam SD dulu…
    Btw musiknya gimana yak? aku kok dah lupa…

    Mungkin kayak lagu disko daruratnya the upstair yak hehehehe… ^^V

  13. hahaha….keknya dulu SKJ 88 lagunya bikin inget waktu nganterin nyokap senam di menteng … kekekeke… gw setuju… membawa kembali kenangan masa kecil πŸ˜€

  14. Lagune sing ngene ya Zam :
    theng..theng..theng… theng… theng… theng… (ping 1000) πŸ˜€
    ho’oh tho??
    sing kuwi tho??
    hayooo ngaku?????

  15. dulu, SKJ jadi ujian praktek olahraga waktu SMP. πŸ˜›
    se7!
    gerakannya walaupun simple2.. tapi tetep aja ngeluarin keringat banyak banget.
    mungkin karena durasinya yang cukup lama juga x yah? πŸ˜€

  16. hahaha iya ih jd inget jaman sd dulu suka SKJ tiap hari jumat n saya semangat bgt karna bosen belajar dikelas..
    tp lupa gerakanna sekarang mah :p

  17. wah dah lama nggak senam, apalagi nggerak-nggerakkan badan, kabanyakan tidur en nongkrong, nggak ada salahnya ngunduh, Demi kesehatan biar bisa tetep bisa komen, he…he…he….

  18. SKJ 88 dan SKJ 92…
    hahahaha… iya nih jd inget masa muda, di sekolah senam SKJ…

    klo sekarang sih emang tuh dangdut yang di-senam-kan, ato senam yang di-dangdut-kan…

  19. hehehe…jd ingat jadul sma th 92-an skj. thn 98-an stl kerja didaerah jg senam tiap jumat pagi, wajib pake diabsen lg, yg ini gerakanya klo ga salah agak ribet.

    skrg stl kerja di ibukota tiap jumat pagi jg msh senam jantung sehat seri 1-4 diselingi senam indonesia sehat.

    bikin repot! harus berangkat lebih pagi seh……

  20. udah lupa gerakannya.. yg jelas tu SKJ jadi materi EBTA praktek, syukur deh Dian sukses ngapalinnya… oia, gara2 mo EBTA praktek itu kaset tape SKJ merupakan kaset pertama yang DIan miliki… wedew, ga mbois yoh

  21. Aahh.. baca postingan ini jadi bernostalgia ke jaman skul dulu, huehehe.. πŸ˜€ Udah lamaa bangets ngga denger lagunya dan udah sama sekali ngga inget gerakannya πŸ˜›

  22. halah…kok punya aja lagu senam jadul ini. Tapi aku yakin, ini versi skj 92 – bukannya skj 88. kalo senamnya serius, bukan cuma kemringet, tapi gembrobyos kali πŸ™‚

  23. Wah…senegnya nemu forum yang bahas SKJ,
    btw gw belom sempat buka yang ada disini, tapi kayaknya sih SKJ 88. (kalau durasi sekitar 5 menitan, artinya satu seri)

    Daftar Senam yang sempat saya himpun :

    1. SKJ 88 (diaransemen oleh Januar Ishkak) paling pendek satu seri durasi sekitar 5 menit

    2. SKJ 93 (diaransemen oleh Januar Ishkak) paling pendek durasi 12 menit 9 detik untuk versi satu seri, berisi pemanasan, inti (dimulai dari lagu Yamko Rambe Yamko – Jali Jali – Tanduk Majeng – Cing Cangkeling – Rasa Sayange – dan yang terakhir g tau judulnya..lirik awalnya kalo gak salah *kota baru gunungnya…dst*, lalu dilanjutkan pendinginan)

    3. SKJ 94 (Sama persis dengan SKJ 93, hanya diberi hitungan)

    4. SKJ Usia SD 96 (diaransemen oleh FX. Sutopo, berisi Pemanasan, Inti, Pendinginan dan Pelemasan) durasi sekitar 10 menit.

    5. Senam Sajojo (dengan lagu Sajojo dari daerah Indonesia Timur)

    6. Senam Poco – Poco

    7. Senam Kubro Siswo (dengan lagu dan gerakan dari hasil penyerapan tarian adat jawa yaitu tari Kubro Siswo) musik identik dengan beduk, terompet kecil (maaf g tau namanya), dan gamelan (bendhe)

    8. Senam Ayo Bersatu

    9. Senam Lansia

    10. Dll

    __Untuk teman teman yang punya gambar gerakan senam SKJ 88, SKJ 93 dan SKJ 96, saya mohon untuk dikirimi, karena saya punya musik ketiganya, hanya gerakan saya lupa___

    (maklum itu senam saya alami pada masa sekolah yang penuh kenangan)

  24. Oh ya lupa, sebelum SKJ 88 ada Senam Pagi Indonesia, tapi karena saya baru lahir tahun 1988, jadi sama sekali gak mengalaminya..hehhe
    (SD dulu pertama senam ya,,,,SKJ 88)

  25. permisi..
    mau minta tolong neh..
    aku butuh gerakan sjk 88 komplit
    ada yang bisa bantu?
    tolong hubungi aku di 92808379
    thanks a lot!

  26. walah mas….matur nuwun ya…nyari kesana kemari akhirnya dapat di sini…
    lagunya yang di multiply udah ta’ download…
    btw…itu lagunya SKJ yang 92, bukan yang SKJ 88…yang SKJ 88 awalannya ada teng tengtengteng tengteng…ada ga mas yang itu…
    sekali lagi hatur nuhun pisan lah …(saya orang sunda…tapi pengen bisa bahasa jawa…he he he….)

  27. wah….senam skj……..!!!!
    dah lpa smua grakannya..klo musik nya..???msih ingat la…jadul abis..

    :-“

  28. 2. SKJ 93 (diaransemen oleh Januar Ishkak) paling pendek durasi 12 menit 9 detik untuk versi satu seri, berisi pemanasan, inti (dimulai dari lagu Yamko Rambe Yamko – Jali Jali – Tanduk Majeng – Cing Cangkeling – Rasa Sayange – dan yang terakhir g tau judulnya..lirik awalnya kalo gak salah *kota baru gunungnya…dst*, lalu dilanjutkan pendinginan)
    ==> WAHHH, ini dia yang paling mantep. kalo ada yang punya, bagi2 donkkk… asli ini versi super keren punya hahaha.

  29. Yang pengalaman SKJ’88 pada udah punya anak semua hehe :d
    berarti udah pada tua semua ;))
    Jadi kesimpulannya gmn donk?? ini SKJ ’88 ato SKJ’92 ??
    Yang bener yang mana??

  30. Mas punya lagu SPI (Senam Pagi Indonesia) sebelum adanya SKJ’88? Krn aku wkt SD cuma ngalamin SPI dan SKJ setelah aku mau lulus SMP.

    Trims.:):d

  31. paling inget pas ada gerakan nunduk kedepan sambil merentangkan tangan sambil diputer2 mirip gerakan baling2 pesawat. gara2 waktu sd anak2 cewek senamnya masih pada pake rok, jadi sering kelihatan dech….heheheee…. sampai2 sama temen2 musiknya di kasih lirik, “lho kok ketok 2x” = lho kok kelihatan (dalam bahasa indonesia)

    memori takkan terlupakan

  32. wew….
    jadi inget waktu dimarahi guru karena kadang males ikut senam pas hari jum’at … hehheheheh
    masa2 waktu masih make merah-putih…
    hmmm…
    btw… kok skj nya 92 …??? apa saya yang lupa yah

  33. :d:d:d jadi ingat masa lalu lagi……
    kenapa yaaa skarang ana2 SD dan SMP nya
    dah tidak ad SKJ nya lagiiiii…
    kan bagus buat kesehatan…
    makasih mas udah kasi lagu kenangan masa kecil saya….makasih banyak :d/:d/:d/:d/:d/
    :((:(( jadi ingat masa kecil

  34. :((:( huhuhu nget wktu SD eunkzzzzz . . jd kngn nich . . . . . pngn snam agy kyk wkt SD eunkzzzz . . oia klu bz bkin blog 9 unsur kesegarn jasmani dunkzzzz . . heuheuheu . . .

  35. wes ternyata masih ada yah yang hapal senam kesehatan jasmani di tahun 88………
    aduh jadi kepengen dech mengulang nye…………
    eh Mba ada yang punya gerakan komplit nya ga …….aku ngebet banget nih pengen banget ngulangin masa lalu gue ……….please yah mba ….kirim aja ke Alamat e-mail saya ni
    farizm65@yahoo.co.idπŸ˜‰

  36. Saya inget hampir smua, tolong klo ada yang inget satu step yg saya lupa kasih tau apa itu.

    Ini dia versi komplit gerakan SKJ 88 (minus satu gerakan):

    Pembukaan:

    1. Gerakan pembuka kayaknya mirip sama gerakan penutup akhir Tangan dinaikkan ke sejajar dada hitungan pertama kemudian dikeataskan dan direntangkan sambil di turunkan lagi pada hitungkan ke 2-8, dilakukan dua kali.

    Set Pertama

    2. persiapan: Kaki rapat, badan tegap. Cara: Jalan di tempat menghadap ke kanan 4 hitungan, ke depan 4 hitungan, ke kiri 4 hitungan, dan ke depan lagi 4 hitungan.

    3. Persiapan: Kaki rapat, badan tegap. Cara: Hitungan pertama kedua tangan direntangkan kedepan sejajar dada, hitungan kedua sambil jongkok tangan dikebawahkan, hitungan ke tiga badan kembali ditegapkan sambil angkat kedua lengan tangan kedepan sejajar dada dan mengangkat kaki kanan, hitungan keempat, kembali posisi siap. Hitungan ke-5-8 sama, hanya saja kaki kiri yang diangkat. Lakukan dua kali.

    4. Persiapan: Kaki rapat, badan tegap. Cara: Hitungan pertama, rentangkan kedua tangan ke samping kanan dan kiri sambil buka kaki kanan ke kanan. Hitungan ke dua tepukan kedua tangan di atas kepala, kepala menengadah ke atas, hitungan ketiga kembali ke posisi hitungan pertama, hitungan keempat kembali ke posisi siap, hitungan ke lima buka kaki kiri dan lakukan hitungan pertama, hitungan keenam = hitngan kelima tetapi kepala menengok ke bawah, hitungan ke tujuh kembali ke hitungan enam, hitungan delapan posisi siap. lakukan dua kali.

    5. Persiapan: Badan tegak, kaki rapat. Cara: Hitungan pertama Buka kaki kanan ke kanan, tangan diangkat ke depan sejajar dada, hitungan ke kedua kedua lengan diarahkan ke kanan, hitungan ketiga kembali ke posisi satu, hitungan ke empat kedua lengan tangan diarahkan ke kiri, htiungan ke lima kembali ke posisi satu, hitungan ke enam kedua tangan diangkat ke atas, direntangkan, hitungan ke tujuh kembali ke posisi satu, hitungan kedelapan kembali ke posisi siap.

    setkeduanya dari bagian lima ubah kiri dengan kanan dan kanan dengan kiri.

    6. Persiapan: Tegap lurus Cara: lari di tempat, setiap empat hitungan tangan ditepuk. hitung 1-8 dua kali

    7. Persiapan: Kaki rentangkan. Cara: Hitungan ganjil: Lutut kanan disentuh sikut kiri, lengan kanan diarahkan ke belakang kanan, kedua tangan dikepalkan, loncat dengan kaki kiri. Hitungan genap: Lutut kiri disentuh sikut kanan, lengan kiri diarahkan ke belakang kiri, keda tangan dikepalkan, loncat dengan kaki kanan. Hitung 1-8 dua kali.

    8. Persiapan: Kedua kaki rentangkan. Cara: Hitungan 1. angkat kedua lengan kearah kanan, hitungan 2. ayunkan ke dua lengan ke bwah 180 derajat menjadi mengarah ke kiri, 3 dan 4. anyunkan kedua lengan ke bawah 540 derajat menjadi mengarah ke kanan. Hitungan 5. Ayunkan kedua lengan kebawah 180 derajat menjadi mengarah ke kiri, 6. Ayunkan kedua lengan ke bawah 180 menjadi mengarah ke kanan. 7-8. Ayunkan ke dua lengan ke bawah 540 derajat menjadi menghadap ke kiri.

    Set Kedua

    8. Lari ditempat 4 kali menghadap depan, hitungan 5-7 tolakkan kaki kanan kedepan, miringkan tubuh ke arah kanan, kaki kanan ditekuk kaki kiri lurus, kedua lengan diangkat kesamping sejajar bahu. Hitungan 8 posisi siap. Kali ke dua kaki kiri yang ditolakkan dan ditekuk, tubuh condong ke kiri. 8 posisi siap Aksi 9 berikut.

    9. Persiapan: kaki rapat, tegap, kedua tangan di pundak sambil dikuncupkan jarinya. H1. Buka kaki ke kanan sambil merentangkan lengan kanan ke atas kanan dan kuncup tangan kanan dibuka, H2. Tangan kanan kembali kuncup di bahu kanan, lengan kiri direntangkan ke atas kiri sambil tangan dibuka. H3. kembali ke H1, H4 posisi siap kedua: kedua tangan dikepalkan dan disejajarkan di sisi pinggang. H5, badan dipelintir ke kiri sambil tangan kanan dibuka kepalannya dan diarahkan kekiri seperti kamehameha :P. H6. seperti H5 tapi ke arah kanan dengan tangan kiri. H7 persis H6. dan H8 ke posisi siap untuk yg keduakalinya.
    Yang kedua kalinya tukar kanan dengan kiri. Posisi siap ke 10

    10. Persiapan: Tegap kaki rapat. cara: H1 Buka kaki kanan ke kanan, tangan direntangkan ke samping sejajar bahu telapak tangan menghadap ke bawah. H2 lengan kiri diangkat 180 derajat ke atas menghadap ke kanan, telapak kiri menghadap bwah, telapak kanan menghadap atas, kepala dimiringkan ke kanan. H3 kembali ke H1, H4. Kembali ke posisi siap. H5. Seperti H2 tapi kaki kiri dibuka ke kiri. H6. Lengan kanan diangkat 180 derajat ke atas menghadap ke kiri, telapak kiri menghadap ke atas, telapak kanan menghadap ke bawah, kepala condong ke kiri. H7 sama dengan H5. H8. Posisi Siap.

    11. Persiapan: Tegap kaki rapat, kedua tangan dikepalkan dan ditempelkan satu sama lain serta diletakkan sejajar dada. H1 – H2. Tangan kanan direntangkan ke bawah kanan dengan kaki kanan kemudian kembali lagi ke posisi siap. H3. Sambil melangkah kekanan 1 langkah Kedua tangan direntangkan ke samping dan kemudian kembali ditempelkan satu sama lain sejajar dada. H4 Sambil melangkah ke kiri satu langkah tangan direntangkan ke samping dan kembali ke posisi siap. H5-H8 tukar kiri dengan kanan.

    12. Persiapan: Tegap lurus. Cara: H1-2 lari ditempat menghadap kanan sambil mengarahkan kedua tinju ke depan dan ditarik sebanyak dua kali. H3 kembali menghadap depan. H4 tepuk tangan?. H5-6. seperti H1-2 tapi ke kiri. H7-8 sama dengan H3-4. Lakukan dua kali.

    13. Persiapan: Tegap lurus. Kedua lengan diangkat ke samping dengan siku masing2 90 derajat dan tangan dikepalkan seperti orang kuat nunjukkin otot. Hitungan ganjil: Angkat kaki kanan dan ayun kedua tangan ke depan dan kembali kesamping sambil loncat dengan kaki kiri. Hitngan genap: Angkat kaki kiri dan ayunkan kedua tangan kedepan dan kembali kesamping sambil loncat dengan kaki kanan. Hitungan 1-8 dua kali.

    14. Lupa….

    Pendinginnan:

    15. Persiapan: Tegak lurus kaki rapat. Cara: H1-2 silangkan jari tangan dan angkat ke depan dada. H3-4 Rentangkan tangan kedepan dan putar telapak tangan menghadap ke depan. H5-6. Tarik kembail tangan ke depan dada ke posisi akhir H2. H7-8: turunkan tangan ke posisi siap. Set kedua: H1-H2 sama dengan set pertama, H3-4 rentangkan kedua tangan ke atas, telapak menghadap keatas, H5-8 sama seperti set 1.

    16. Seperti gerakan pertama.

  37. EDIT:

    Gerakan pemanasan pertama seperti yang ditulis artikel itu BENAR. Yang saya sebutkan di post sebelumnya SALAH.

  38. saya download lagu skj 88 koq gak kluar musiknya, kesel2 ngenteni prosese gak muni musike piye boz

  39. waaaaakkkkssss……. dari kecil, sampe gede, sampe sma juga ada ujiannya neeeh!!! hahaha …. thx ya!!!
    oooh lagunya indah sekali … T_T

  40. Hahahaha..
    masih idup juga ni posting..
    UPDATE UPDATE..
    Gw punya mp3 senam tapi bingung mau sharenya gimana..ni yg w punya
    1. Senam Pagi Indonesia (1984)
    2. SKJ 88 (1988)
    3. SKJ 92 (1992)
    4. SKJ 96 (1996)
    5. SKJ USIA SD 96 (1996)
    6. SKJ 2000 (2000)
    7. SKJ 2004 (2004)
    8. SKJ 2008 (2008)
    7. Senam Ayo Bersatu
    8. Senam Ayo Bangkit
    9. Senam Pramuka
    10. Senam Santri
    11. Senam Indonesia Jaya (2007)
    12. Senam Lansia Bugar (2007)
    13. Senam Kebugaran Kerja
    14. Senam PKS Nusantara
    15. Senam Jantung Sehat (seri IV)

  41. Tambahan lagi,,ini versi emang SKJ 88,,kalo yg teng teng teng itu aslinya SPI (Senam Pagi Indinesia) karena kebetulan koleksi kasetnya masih ada..
    mungkin yg ngalamin ini pas taun 88,,sekolahnya blm update senam baru..

  42. mas bona, bisa minta mp3 skj nya ga??
    aku dah lama nyari itu semua..
    mentok3 cm dapet yang 88 aja..
    boleh di share ke email aku di za@pusdiklatmigas.com
    please.. klo g bs smua ya paling enggak yg 92 ma 96 aja gpp..
    thanks ya atas atensinya..

  43. sebelumnya lam kenal wat mas bona,
    saya dah lama nyari mp3 n video skj, bis kalo aerobik susah ngikutinnya..
    boleh minta tolong d share lagu SPI, SKJ88, SKJ92, SKJ94 and Senam Kesehatan Jantung ke email saya di rida.agstn@gmail.com
    sebelumnya makasih byk ya mas..
    ^_^

  44. Makasih buat semuanya,,salam kenal juga untuk yang ngajak kenalan..hihihi

    Waduh kalo email satu” mah saya pusing ngirimna,,satu lagu durasi 10 menit sekitar 10 MB..
    Insya Allah secepatnya saya buat halaman download aja,biar semua bisa unduh lagunya..
    ^^

    ada yg mau kasih saran ndak?kira” enaknya pake akun apa?
    (saya pengen coba multiply,tapi masih survey dulu kira” lagu”nya awet dsitu/otomatis kehapus…

  45. hahaha!! jadi inget taun 80an wktu kelas 2 sd. aq benciiii. . .yg nama y’ skj palagi guru y’. . .
    tp skrg jdi kangen! ^_^

  46. Tolong dong Pak/Bu saya juga senang dengan berolahraga apalagi dengan senam yang diiringi dengan irama. Kirim saya musik senam SKJ 88 atau SKJ 92 Ya Bapak/Ibu ?

  47. Toloooooooong !!!!
    Rin&u butuh bgD Lagu n gerakan Senam SKJ 2004.
    Kirimin Dunk !!!
    gemna Caranyua biar Rindu bs Dapetin ???
    Herlpmy pLissssssss, Cuplissss//
    Tanks.,.,.,

Comments are closed.