Ngeblog Pake WP untuk Pemula

Panduan Bikin Blog dengan WordPress untuk Pemula

Ada sebuah buku yang seharusnya saya baca dan review beberapa abad yang lalu. Namun karena alasan kesibukan, akhirnya baru sekarang saya sempet melakukannya.

Seorang seleblog mengancam meminta saya untuk membaca bukunya. Sebuah buku yang mungkin berguna untuk temen-temen yang pengen ngeblog, tapi ndak tau gimana cara untuk memulainya.

Karena saya bukan orang yang ahli masalah beginian, saya mencoba sebisa saya. Otak yang bebal ini saya setting sedemikian rupa agar supaya bisa mengikuti apa yang ditulis di dalam buku.

Begitu menerima buku ini, saya langsung terkejut oleh covernya. Cover berwarna ngejreng gambreng berwarna orange ini membuat saya sedikit merasa “kurang sreg”. Selain warnanya, tipografi dan kombinasi warna fontnya kok saya rasa kurang nyaman. Ilustrasinya juga wagu. :p

Memang, ada pepatah bilang, “don’t judge a book by its cover”. Tapi akan lebih baik kalo covernya bisa tampil lebih elegan. 😀

Oke, berlanjut ke isinya. Saya suka membaca Kata Pengantar dalam sebuah buku, bagian yang kadang dilupakan ini cukup menarik buat saya. Saya suka membaca bagian Kata Pengantar karena dari situlah saya bisa mengetahui apa yang ada di pikiran si penulis buku ketika dia berniat menulis buku. Dari Kata Pengantar itu pula kadang saya bisa mengetahui kira-kira apa isi buku itu secara keseluruhan.

Kemudian dari Daftar Isi, kita bisa mengetahui materi apa yang akan dibahas di buku ini. Tentu ini memudahkan bagi kita yang mungkin cuma ingin mengambil materi-materi tertentu saja.

Materi pertama tentu saja pengenalan tentang apa itu blog engine dan WordPress. Materi yang sepertinya sepele tapi sering ditanyakan oleh user-user pemula.

Bagian selanjutnya membahas tentang hal-hal teknis yang biasanya menjadi kendala bagi pemula. Di bagian ini merupakan bagian favorit saya, karena di bagian ini banyak sekali penjelasan mendetil dan penuh dengan skrinsut. Jadi kita seperti bener-bener dituntun langkah per langkah. Ini sangat membantu untuk pemula yang bener-bener blank soal hal teknis.

Di bagian teknis itu, dijelaskan pula tentang apa itu hosting, domain, FTP, cara mengelola akun hosting, dan juga penggunaan tools XAMPP sehingga user bisa mencoba tanpa perlu mempunyai hosting terlebih dulu. Bener-bener informasi yang sangat membantu.

Setelah user berhasil menginstall WP, materi selanjutnya adalah bagaimana menggunakannya. Lagi-lagi di sini terdapat penjelasan mendetil dan mengumbar skrinsut. Walau ndak semua bagian WP dibahas, tetapi penjelasan dasar tentang pengoperasian WP mulai dari menyetting, posting, hingga manajemen posting dirasa cukup.

Oiya, ada bagian yang cukup penting tapi tak tercantum di bagian penjelasan ini, yaitu bagian untuk mengelola profile. Kenapa ini penting, karena biasanya setelah instalasi WP selesai, kita mendapatkan password acak. Nah, tentu setelah instalasi WP selesai, jangan lupa kita mengubah password standar tadi di bagian profile. Mungkin di edisi berikutnya bisa ditampilkan. 😉

Setelah pengelolaan dasar, materi selanjutnya adalah tentang bagaimana cara mengubah tampilan dan penambahan plugin. Di sini dijelaskan bagimana cara dari mendapatkan, mengupload, hingga mengaktifkan template dan plugin.

Cara yang dijelaskan di sini adalah dengan menggunakan FTP, tetapi menurut saya cara ini kurang praktis karena kita harus mendownload, mengekstrak, lalu mengupload lewat FTP. Cara ini dipilih karena dirasa lebih aman. Kalo koneksinya bagus, ini ndak masalah. Tapi bagaimana kalo koneksinya acak kadut sehingga bisa jadi ketika mengupload file-file yang cukup banyak tiba-tiba putus?

Kalo saya biasanya sih menggunakan cara seperti ini. File yang akan diupload itu kita zip dulu. Biasanya template dan plugin sudah tersedia dalam bentuk zip. Kemudian file zip ini kita upload, bisa menggunakan FTP atau fasilitas Cpanel, lalu dari Cpanel file zip ini kita ekstrak. Lebih cepet dan praktis, apalagi kalo file yang kita upload kecil-kecil dan banyak. 😀

Atau kalo mau lebih praktis bisa menggunakan plugin WP Plugin Uploader dan WP Theme Uploader and Extractor bikinan Ahlul. Tentu direktori plugin dan template harus memiliki akses tulis (chmod 777) yang mungkin dapat mempengaruhi keamanan sistem.

Selain plugin, saya rasa perlu juga ditambahkan tentang penggunaan Widgets. Dengan Widgets, kita bisa dengan mudah mengatur tampilan dari blog kita. Kita bisa dengan mudah dapat melakukan pengaturan tampilan hanya dengan klik-n-drag. Memang tidak semua template mendukung fasilitas Widgets ini.

Untuk plugin antispam, di buku ini dijelaskan tentang penggunaan Spam Karma. Padahal bawaan WP sudah ada fasilitas antispam Akismet. Tentunya akan lebih baik kalo penggunaan fasilitas Akismet ini dijelaskan pula. 🙂

Di bagian terakhir, dijelaskan pula tentang penggunaan WP untuk situs-situs komunitas. WP yang mendukung multiple user bisa digunakan untuk media publikasi dari komunitas tertentu. Tentu ini lebih praktis daripada menginstal engine portal yang kompleks.

Nah, sebagai penutup, saya iseng-iseng merombak cover dari buku ini. Saya terinspirasi dari acara MTV Pimp My Ride. La saya gregetan sama cover buku ini yang culun banget. Welcome to MTP Pimp My Book! :))

Cover Depan

Cover Belakang

Saya pake warna ijo karena kesan ijo ini begitu melekat sejak pertama saya kenal Fany melalui blognya yang warnanya juga ijo ini. Nah, untuk detilnya bisa liat gambar di bawah ini. Silakan diklik untuk ukuran yang lebih besar.

Cover baru

Siapa tau cover bikinan saya ini dipake untuk buku edisi keduanya? :-“

48 thoughts on “Ngeblog Pake WP untuk Pemula”

  1. hmmm,,, walaupun cover bikinanmu terkesan lebih elegant… tapi ngga ada kejelasan di judul buku,,, font sama size judule juga kurang mak nyus… beda sama cover aslinya, pandangan pertama pembaca langsung jatuh ke judulnya b-)

  2. cover dari sebuah buku cukup menentukan image yg ada di dalamnya. Kadang ini suka ga dianggep penting, tapi orang melihat dari luarnya dulu sih. Jangan sampai sebenarnya isinya bagus tapi karna cover jadi turun pasaran.

    Saya termasuk yang melihat buku dari covernya. Karena dengan cover yang pas , membaca jadi ada kepuasan secara keseluruhan 😀

    nah klo buku ini aku belum baca hehe

  3. @ [ew]

    La tinggal masuk ke Cpanel -> File Manager

    Lalu pilih file yang mau di unzip, terus di pojok kanan atas ada tulisannya extract. Tinggal di klik aja tulisan itu dan file akan ter-extract.

  4. Buku itu bagus, kemaren aku sempet numpang baca-baca di gramedia. Penampilannya simpel dan isinya berbobot, tapi lantaran duit lagi tipis, makanya nggak jadi di beli hikz 🙁 *sedih)

  5. Aku gak pernah baca kata pengantar sebuah buku :p
    kamu beda sekali yah suka baca pengantar isi buku 😀
    hihihi..
    btw covernya cool banget..
    hijau lagi…
    cetakan selanjutnya, minta aja atuh sama penerbitnya supaya diganti covernya.

  6. kata pengantar dan daftar isi itu ndak begitu penting. penting bab 4! *utekutekuplaekBAB4*

    kikod: kesimpulan

  7. wah, mesti dapet 2,5% nih zam
    udah jadi reviewer 😀

    setuju sama covernya yang seharusnya bisa dibuat lebih bagus lagi ya
    gradasi orange ke ijo-nya rada kurang nyambung.

  8. ho, fany nulis buku??? boleh dong minta atu lengkap dengan tanda tangan 😀
    selama WP belum mau kasi kebebasan kayak di blogspot yang bisa gonta-ganti dan tempel2 banyak hal di sidebar, malas baca buku tentang WP 😀

    sebagai seseorang yang selalu harfiah menerjemahkan sesuatu, saya bener2 men-judge books by their cover. apalagi kalo bukunya diplastikin 😀 paling bagus buku dengan cover item-putih *maksa*

  9. pernah liat covernya kyaknya..

    Btw, mas..mending ai usulin buat covernya jgn dibikin terlalu formal… bikinnya yang kayak cover2 buku teenlit ato chicklit gt tuh..huehehe… nanti anak remaja pasti lebih tertarik beli… :p

  10. heee… belum beli, tapi udah pernah ditunjukin ma mbak fany. emang tuh, dulu pernah ngobrol ma mbak fany katanya yg bikin cover tim kreatifnya sana. klo mbak fany bikin sendiri, ato sampeyan mungkin lebih bagus.

    buat mbak fany: buku selanjutnya covernya serahin aja ma matriphe!! gratisss!!

  11. Mata saya koq lebih fokus ke buku KIAT JITU MENYUSUN SKRIPSI…eh ubah aja tuh menjadi KIAT JITU MENYUSUN POSTINGAN

  12. Oh..gw rasa sih..tifografinya kurang sreg..gak eye catching,..mata malah langsung terseret ke objek..blognya Fany..

  13. @ Arya: gratis, donk! Plus tanda tangan dan tanda bibir

    @ mysyam: buku ini memang khusus membahas WP.org

  14. hem … wah lu memuat logo zam .. boleh g tuh? ntar dituntup lho 😛
    btw, ada g sih yang make textpattern??? T_T kerenan textpattern ah … 😛

    ~sampe ada hoax wordpattern … :))

  15. btw iya nih buku I dan II aku jg kurang sreg di cover..
    mungkin buku ke 3 bakalan tak adain sayembara bikin cover kali ;))

  16. mas mau tanya plug-in buat nampilin yang kayak beginian(28 Agu 2007 11:38:03 dari Indonesiaid Indonesia pakai Mozilla Firefox Mozilla Firefox 2.0.0.6 pada Windows Windows XP) tuh pake apa?tolong dong mas….

  17. 🙂 terimakasih, blog ini banyak membantu. Saya berharap lain waktu bisa berkunjung ke sini lagi.

  18. Mantap dah covernya….hehehehe

    btw, saya juga pake WP yang gratisan…

    ada satu hal yang kepengen banget saya pake tapi kok gak bisa-bisa ya….

    itu loh cara pake excerpt tuh gimana sih??

    biar postingan saya di beranda gak nge-full alias ditampilin penuh (kepanjangan sampe bawah soalnya)

    jadi kan ada tambahan tulisan -read more- gitu

    bantuin ya….

    btw salam kenal ya dari Bekasi… silahkan mampir ke blog saya…

Comments are closed.