Delapan Hal Tentang matriphe!

8

Dapet ancaman dari Simbok sama rayuan dari Fany. Intinya disuruh nulis soal 8 kebiasaan atau fakta yang belom diketahui khalayak.

Mayan lah, buat bahan posting. Mosok blog isinya cuma kluyuran terus? Lah? Ini kan blog jengjeng! :))

Sebenernya agak-agak malu juga sih ngumbar beginian. La emangnya saya ini siapa? Emang penting? Tapi ndak papa lah kalo anda-anda para fans penasaran.. b-(

Oke-oke, mungkin udah pada tau aturannya. Jadi langsung saja kita kemon.

each blogger must post these rules. each blogger starts with eight random facts/habits about themselves. bloggers that are tagged need to write on their own blog about their eight things and post these rules. at the end of your blog, you need to choose eight people to get tagged and list their names. don’t forget to leave them a comment telling them they’ve been tagged and to read your blog.

Continue reading Delapan Hal Tentang matriphe!

Jeng-Jeng Jepara

Jogja-Jepara

Memenuhi janji kepada Bude Gita, hari Minggu, 23 September kemarin itu, saya sama rekan sepertololan saya akhirnya menepati janji untuk jeng-jeng ke Jepara.

Janji itu sebenernya sudah lama, ketika status kami saat itu masih mahasiswa, sebagai motivasi, kalo kami lulus, kami akan jeng-jeng ke Jepara. Alhamdulillah nadzar itu akhirnya terpenuhi, apalagi kemarin itu hari terakhir Bude Gita di Jepara sebelum beliau njongos di Bandung.

Perjalanan nekad dan lagi-lagi tanpa rencana itu bener-bener berkesan. Selain kami harus menempuh perjalanan yang jaraknya hampir sama dengan lebar pulau Jawa, ngenthang dari selatan ke utara, petualangan tolol itu kami lalui dalam waktu sehari semalam lebih dikit. 😀

Continue reading Jeng-Jeng Jepara

Pasar Sore Ramadhan, Kauman, Jogja

Pasar Sore Ramadhan Kauman

Bosan dengan hidangan berbuka puasa yang itu-itu saja? Bingung nyari di mana menu untuk berbuka, bahkan sahur?

Di Jogja, kita dapat dengan mudah menemukan pusat penjual makanan musiman, terutama di Bulan Ramadhan. Jalan Kaliurang, sekitar Kampus UGM, sekitar Kampus UNY, Jalan Godean, selalu dipenuhi para penjual menu berbuka.

Tapi ada satu tempat unik dan bisa menjadi alternatif tujuan berburu makanan untuk berbuka. Tempat itu adalah di Kampung Kauman, yang sering disebut dengan Pasar Sore Ramadhan Kauman.

Kali ini saya akan menjelajah surga dunia makanan Pasar Sore Ramadhan di Kauman untuk mencari menu yang unik dan menarik.

Continue reading Pasar Sore Ramadhan, Kauman, Jogja

Kopdar Bersama Budi Putra

Bertemu Budi Putra

Hari Senin, 17 September 2007 kemarin, saya dan temen-temen mendapatkan kesempatan bagus, bertemu dengan salah satu tokoh penting di blogosphere, Pak Budi Putra.

Acara ketemuan ini sebenernya berawal dari acara Roadshow Nokia Nseries Blogging Workshop yang dilakukan di 5 kota. Kebetulan setelah di Semarang, Jogja menjadi kota tujuan berikutnya sebelum roadshow ini berlanjut ke Surabaya.

Dalam sejarah, acara kopdar kemarin itu adalah acara kopdar paling serius yang pernah saya ikuti. Banyak hal yang secara pribadi saya petik ketika berbincang dan berbagi dengan beliau.

Continue reading Kopdar Bersama Budi Putra

Candi Kedulan, Puzzle dari Masa Lalu

Candi Kedulan

Kita lanjutkan petualangan candi kita. Siapkan buku Sejarah kalian, anak-anak. :))

Kali ini kita akan jalan-jalan ke Candi Kedulan, sebuah candi yang tergolong “baru” dan masih dalam tahap ekskavasi (penggalian dan penyusunan kembali).

Candi, adalah sebuah bangunan hasil karya manusia yang unik dan cantik. Bayangkan saja, batu-batu andesit bisa dipotong sedemikian rupa dan disusun dengan kokoh.

Yang membuat saya kagum, bagaimana mereka melakukannyca? Teknologi apa dan bagaimana perhitungannya? Dan masih banyak pertanyaan lainnya. Inilah sebabnya kenapa saya gandrung banget dolan ke candi-candi.

Continue reading Candi Kedulan, Puzzle dari Masa Lalu

Umbul Manten, Wejangan untuk Pengantin

Petualangan Si BOLANG (Bocah Hilang) di Umbul Manten

Sekitar seminggu yang lalu, tepatnya hari Ahad tanggal 2 September 2007, saya dan Didit melakukan perjalanan yang kami beri tajuk, “Petualangan Si BOLANG (Bocah Hilang)” lengkap dengan tas, syal, dan topi terbaliknya. :))

Kali ini Si BOLANG akan menjelajah daerah Klaten, tepatnya Umbul Manten, tempat wisata alternatif yang mungkin cocok dikunjungi menjelang bulan puasa seperti ini.

Continue reading Umbul Manten, Wejangan untuk Pengantin

Candi Banyunibo, Candi Sebatang Kara

Candi Banyunibo, Candi Budha Sebatang Kara

Melanjutkan petualangan candi sebelumnya, semoga ndak pada bosen, ya. 😀 Kali ini saya mo cerita soal dolan saya ke Candi Banyunibo.

Ndak banyak yang tahu soal keberadaan candi ini. Lokasinya yang terpencil, akses jalan yang rusak, membuat candi eksotis ini kurang dikenal. Padahal candi Budha ini masih berdiri megah dan reliefnya masih banyak yang utuh.

Kali ini tim petualangan selain Didit dan saya, ketambahan lagi seorang wartawan kagetanâ„¢ berjuluk Bung Annots yang bukan pabrik roti itu. :))

Continue reading Candi Banyunibo, Candi Sebatang Kara

Candi Sambisari, 6½ m di Bawah Tanah

Candi Sambisari terletak 6,5 m di Bawah Tanah

Kembali jelajah candi saya lakukan. Biasalah, stres karena siksaan pekerjaan membuat saya ingin lepas sejenak dari rutinitas dengan mengagumi karya cipta budaya manusia masa lampau.

Tapi lama kelamaan kok sepertinya saya terobsesi untuk menjelajah seluruh sebanyak mungkin situs candi, terutama candi-candi yang jarang terekspos mengingat selama ini yang kita kenal hanya Candi Borobudur atau Prambanan saja. Proyek 1000 Candi, kata Bung Annots. :-j

Mungkinkah selama ini saya salah ambil jurusan, ya? Bisa jadi. Tapi ndak juga sih, gelar saya kan S.Si. alias Sarjana Sarkeologi Sains, dan kebudayaan termasuk sains juga, bukan? *maksa* :-”

Kali ini saya bersama Didit mengunjungi Candi Sambisari, candi bercorak Hindu yang terletak 6,5 meter di bawah permukaan tanah.

Continue reading Candi Sambisari, 6½ m di Bawah Tanah