Ombak Banyu: Carousel Ekstrim Bertenaga Manusia

Ombak Banyu

Terdapat banyak jenis permainan yang ada di pasar malam Sekaten. Uniknya, hampir semuanya ndak dilengkapi dengan sistem pengaman yang memadai.

Salah satunya adalah permainan yang dinamakan Ombak Banyu. Sebuah permainan semacam Carousel namun digerakkan dengan tenaga manusia dan tentunya tanpa pengaman yang memadai.

Masih di acara Seks Mami, kami yang berkeliling di area pasar malam langsung tertegun ketika menyaksikan permainan ini.

Para penumpang naik dan duduk di atas sebuah papan lingkaran besar berukuran sekitar 5 meter. Tinggi tempat duduk dengan tanah sekitar 1½ meter.

Setelah semua penumpang naik, Ombak Banyu pun mulai dimainkan. Beberapa pemuda berusia belasan mengitari daerah luar lingkaran dan mulai menggerakkan permainan ini.

Tiada pengaman apa pun kecuali hanya tangan para penumpang yang berpegangan dan dikaitkan ke sandaran di belakang.

Kecepatan pun makin lama makin bertambah cepat. Jeritan dan teriakan pun terdengar menggema di antara dentuman lagu dangdut-ajeb-ajeb yang diputar.

Beberapa kali para pemuda tersebut mengayun lingkaran yang berputar ini sehingga menimbulkan semacam “ombak” ketika berputar.

Ndak jarang, para pemuda penggerak ini melakukan aksi akrobatik ketika mengayun lingkaran ini.

Sekitar 5 menit permainan ini dimainkan. Permainan berhenti ketika lingkaran berhenti berputar dengan sendirinya.

Setelah kecepatan melambat, para penumpang pun turun dengan cara “meloncat” dari tempat duduk yang telah direndahkan oleh para pemuda penggerak tadi.

Padahal ketika naik, para penumpang ini menggunakan tangga yang uniknya ditahan dengan tangan oleh para pemuda penggerak. :))

Penasaran bagaimana permainan ini? Simak melalui video yang saya rekam berikut di Youtube saya. 😀

43 thoughts on “Ombak Banyu: Carousel Ekstrim Bertenaga Manusia”

  1. saya demen ombak bany,.. demen liatin free stype pangayun itu. Edan! makin kenceng makin edan gaya mereka,.. dan gak takut patah tulang pinggang,..

  2. Astaga ekstrim banget :)) Aku kaget ngeliat videonya kok pada gelayutan begitu (ternyata pake akrobat segala juga ya).

    Seru juga mainannya. Tapi ga aman banget tu buat penumpangnya…

  3. pernah lho ada kejadian si “pemuda penggerak” jatuh gara-gara saking biyayakan atau ceniningan alias biyayakan -> bahasa indonesiane opo yo?

  4. […] Sekitar 5 menit permainan ini dimainkan. Permainan berhenti ketika lingkaran berhenti berputar dengan sendirinya. […]

    permainan..di mainkan….dan main main..ampe main mainan…!!!

    tapeee dehhhh

  5. eh zam, FYI neng header commentku sing terakhir kok rada pethuk ya?

    tertulis :29 Feb 2008 19:56:56 dari pakai Safari 523.15 pada Mac OS X
    kudune :29 Feb 2008 19:56:56 dari Indonesia pakai Safari 523.15 pada Windows XP

  6. Wah, yang ini menurut saya emang wahana paling seru tuh..!!
    Cuma, takut kelempar dari tempat duduk..soalnya badanku kurus siy..gampang kebawa angin..

  7. Teringat jaman masih di kampung madura dimana hiburannya hanya pasar malem yang ada mainan parodi putarnya.
    Dulunya si seneng tapi…bosen juga…
    Saat dikota malah nggak nemu permainan seperti itu dengan nuansa pasar malam yang bener2 pure asli pasar malem kayak di desa aku.:((

  8. deskripsinya sama “ombak banyu” yang gw kenal di acara Grebeg Besar, tapi wujudnya gak kayak yang di foto itu. Penumpangnya duduk berjajar menghadap sumbu, bukan baris muter kayak di permainan Ontang anting (Ato apalah namanya) di Dufan ituh

Comments are closed.