Jakarta Gudeg Hunting!

Warung Gudeg Jogja Hayam Wuruk

Belum sebulan kesasar di Jakarta, saya kok sudah kangen sama Jogja. Nah, untuk mengurangi rasa kangen, saya pun kemecer pengen makan gudeg.

Ternyata, mencari gudeg di Jakarta ini gampang-gampang susah. Mencari gudeg dengan rasa original yang nJogja banget, membutuhkan kemampuan ndoyok yang super.

Setelah bertanya sana-sini, saya mendapatkan beberapa informasi tentang koordinat gudeg yang boleh dipoedjiken.

Rupanya seperti halnya di Jogja, penjual gudeg di Jakarta punya jam operasional yang berbeda-beda. Ada yang jualan pagi sampe siang dan ada juga yang jualan dari malam sampe pagi. Siang itu, kami pun meluncur ke Pasar Cikini. Menurut informasi, Gudeg Bu Harjo, Pasar Cikini, layak ditjoebaken.

Nyegat Kopaja 502 dari perempatan Bank Indonesia Thamrin, kami segera meluncur ke sasaran. Eh la mungkin karena salah pengertian, kami salah ngubek-ubek Pasar Gondangdia gara-gara mengira itu pasar adalah Pasar Cikini. Sadar kalo kami salah sasaran, segera kami membajak bajaj dengan ongkos 6 rebu untuk meluncur ke Pasar Cikini. :))

Setelah terguncang hebat plus suara kecompreng knalpot bajaj memekakkan gendang telinga, sampailah kami di Pasar Cikini. Sesampainya di sana, kami pun clingak-clinguk. Nanya tukang parkir, kami pun mengikuti arah telunjuk jari tukang parkir yang siang itu terlihat begitu tergopoh-gopoh sibuk mengatur parkir yang semrawut.

Menerobos Pasar Cikini, kami akhirnya menemukan seorang penjual gudeg yang membuka dhasaran di salah satu lorong. “Aha! Ini dia”, celetuk saya ketika menemukan papan sederhana bertulis Gudeg Bu Harjo yang terbuat dari stiker tempel pada papan triplek putih.

Malang nasib kami, rupanya gudeg sudah ludes ndak bersisa! :((

Tanpa putus asa, dengan semangat super ala Mario Teguh, kami pun keluar pasar untuk jeng-jeng dulu di seputaran Cikini. Konon di Cikini, masih banyak terdapat bangunan tua yang masih terawat!

Hoho! Saya menemukan gedung bioskop tua Megaria yang amboy arsitekturnya mengingatkan saya akan Stasiun Tugu! Ada pula gedung Fakultas Kedokteran UI dan beberapa gedung tua tak bertuan dan tak bernama lainnya. Yes, I love heritage!

Saya pun menemukan rumah neneknya Seno Gumira Ajidarma, yang diceritakan dalam salah satu bukunya, “Affair: obrolan tentang Jakarta”. Persis seperti di dalam buku, rumah itu tepat berada di samping kantor YLBHI.

Perburuan gudeg pun sementara terhenti karena kami menunggu malam tiba. Menurut informasi, ada gudeg lesehan boleh ditjoebaken di sekitar Jl. Hayam Wuruk, Jakarta Pusat, yang buka dari malam sampai pagi.

Ndak ingin bengong, kami berjalan menuju Taman Ismail Marzuki. Niat hati sih, pengen ke Planetarium, namun apa daya rupanya ketika kami datang, Planetarium sudah tutup. Kami datang sekitar pukul 16.30 padahal pertunjukkan terakhir adalah pada pukul 14.30! =))

Senja pun akhirnya tiba. Sasaran perburuan gudeg kembali dicanangkan. Pokoke malam ini gudeg harus didapat!

Kami kembali naik Kopaja 502 dan turun di perempatan BI. Dari situ, kami naik busway koridor 1 menuju ke arah Kota. Kami pun turun di halte Sawah Besar dan mulai bertanya-tanya. Ealah, rupanya lokasi gudeg yang dimaksud masih jauh dari halte Sawah Besar! Harusnya kami turun di halte Mangga Besar! :))

Baiklah, setelah berjalan menyusuri Jalan Hayam Wuruk, sampailah kami di warung lesehan gudeg yang dimaksud! Warung ini terletak di emperan dealer motor Armada Ruang Motor, persis di samping Anta Tour dan Tamani Cafe. \:d/

Suasana Warung Gudeg

Suasanya bener-bener mirip di Jogja! Dengan mengusung nama warung “Gudeg Jogja Malioboro”, membuat saya merasa seperti berada di jalan legendaris itu. Ah, sayangnya ndak ada musisi jalanan yang kadang menjengkelkan, namun di satu sisi mengangenkan. 😀

Kami pun memesan Gudeg Komplit dan teh poci. Gudeg yang terhidang di sini merupakan gagrak gudeg basah. Gudeg yang memang sering ditemukan di malam hari.

Gudeg Komplit terdiri atas nasi, sejumput gudeg, krecek, tahu, telur, dan ayam opor. Sedikit beda versi dengan gudeg basah yang biasa saya temui di Jogja memang, namun bolehlah untuk mengobati kerinduan. 🙂

Rasanya boleh diacungi jempol. Apalagi daging ayam opornya begitu empuk marempuk. Lunak sekali. Miroso lah pokoke!

Namun, mungkin ada yang bertanya, kok pake ayam opor? Apa enak? Rupanya “ayam opor” yang dimaksud di sini bukan ayam opor sebenernya, melainkan ayam yang dimasak dalam bumbu santan yang bertindak sebagai “areh”.

Gudeg Hayam Wuruk

Teh pocinya pun lumayan. Namun gula batu yang diberikan sedikit kebanyakan, membuat teh menjadi terlalu manis. Ah, saya merindukan teh nasgitel ala Angkringan Tugu yang denger-denger digusur itu.

Aduh, celaka! Kini saya jadi kangen sama gudeg Hj. Latifah di Jalan Ahmad Dahlan, depan PKU Muhammadiyah, Jogja, yang kerap disinggahi para jelata setelah jumintenan. =p~

Update: Monggo yang mau ngasih alamat warung lesehan gudeg di Jakarta. Matur nuwun sanget.. 😀

52 thoughts on “Jakarta Gudeg Hunting!”

  1. pertamax!! haha akhirnya kesampaian juga jadi pertamax disini. bensin dah naek sih.
    Oh iya pertama2 saya lupa belum ngucapin selamat kepada ente. selamat ya bro (semoga saya cepat menyusul).
    Sama dab, waktu pertama menginjak Jogja, yang saya cari adalah: Rawon!. hehe

  2. @ Bri:

    total kerusakan untuk seporsi Gudeg Komplit: IDR. 14.000,00 🙂 Bandingkan dengan di Jogja yang di bawah IDR. 10.000,00

    🙂

  3. waaah… untung neng mangga besar mung wisata kuliner… :-”
    jgn2 coba2 wisata yg laen di daerah mangga besar yo! :-w

  4. gudeg + teh poci lesehan di daerah melawai juga enak Mas, buka nya malem doang.. abis toko-toko pada tutups.

    tapi mampir makan gudeg aja looooh, jangan mampir makan “sushi shasimi” juga… [-x ;))

  5. Semangatmu jalan-jalan zuper sekali, Zam. Jakarta yang penuh ketidakpastian adalah sebuah kemungkinan yang tidak terbatas buatmu. Salam zuper.. :))

  6. Pak …
    coba gudheg di pasar Mampang … (nang pojok’an pasar, numpak metromini 75 mudhuno’ perempatan mampang/ Hero)
    atau di Jl. Ps. minggu (pokoke numpak’o 604 mudhun’o empang)
    sing dodol di tenda .. kulon ndalan

    Nuwun

  7. lho kowe ki clingukan neng cikini ra ngomong2 aku kang.. lha wong aku kerjo lan kose neng cikini.. daerah salemba,cikini,kenari wis tak ubek2..

  8. minggu siang mau kemana lagi njeng sultan? minggu aku sukuran keluar dari penjara. siapkan rute jengjeng terbaru, kalo perlu ajak para kere itu. pripun njeng?

  9. ya Ampuuuuun….niat banget ampe gonta-ganti angkot- busway demi gudeg. Semangatmu patoet dipoedjikan Zam..hihihihiihi :d

  10. Hayooo.. habis makan gudeng ke mangga besar trus main ke diskotik mana…. ato jangan-jangan sebelumnya sudah membeli obat keperkasaan di deretan jalan Gajah Mada? 😀
    Kemarin aku ama mas KW ke daerah kota, coba dengan pedenya ke sunda kelapa, ternyata tempatnya tidak sesuai harapan. Habis itu melakukan perndoyoan juga, sayangnya ga bawa kamera.

    *keycode super saya = investasi *

  11. ternyata perjuanganmu dalam mencari cinta gudeg patut diacungi jempol. saya ndak kebayang sri sultan ngubek-ngubek jakarta untuk mencari gudeg tercinta.. 😀

    btw kikodnya ganti ya? saya dapet uang.. $-)

  12. di pondok pinang ada juga gudeg yang cukup menarik. aku lupa namanya. adanya siang hari aja. ini lebih enak di banding dapur solo yang lebih 4 kali lebih mahal haha.. 🙂

  13. zam, nek arep berburu gudeg meneh ng mampang, sms aku. aku jg kangen gudeg. beberapa kali liwat daerah mampang, ngeliat bakul gudeg. tp rung sempat2 mampir e dab. oke yo?

  14. Mas Zam ..
    sami-sami mas, dalem salah satunggaling penggemar seratan panjenengan,
    mbok bilih panjenengan longgar ing penggalih ugi longgar ing dana, kulo tenggo review panjenengan bab kembul bujono, antawisipun :
    1. Bakmi Djawa
    referensi : Bakmi Jawa – Pejompongan (Jl. Panjernihan, kilen ndalan)
    Bakmi Jogja – Jl. Darmawangsa raya (kidul ndalan, kaapit gang mlebet darmawangsa 5 &4)
    Bakmi Mbah Surip – Jl Ampera Raya (wetan ndalan, celak Pengadilan Jaksel.
    2. Pecel Pincuk Madiun Jl. Pahlawan Kalibata. ler ndalan (Ngajengipun / Parkiran Makam Pahlawan Kalibata)

    3. Makanan Khas Solo (Selat Solo, ect) –> RM Kusumasari Jl. Ahmad dahlah kilen ndalan (ancer-aceripun Jl. Radio Dalam ngalor bablas arah mayestik), Rumah Makan puniko cabangipun RM Kusumasari SOLO

    4. Sate
    Sate Jono Pejompongan (celak PDAM Pejompongan)
    Depot Tanjung Jl. Tebet Utara 1, kidule Soto Gebrak. (Khas’e Kambing Bakar Madu)

    5. Warteg legendaris Warmo, Jl. tebet Raya (encong-encongan sama WIsma Tebet)

    Meniko mawon mas, mangke kulo tambahi malih.

    Sukadmo / Pecinta Kembul Bujono
    (Asli Solo, Alumnus Bulaksumur, kesasar ‘Jancukarta 12 taun, boyongan ke kota ATLAS 3 bulan yl)

  15. gudeg pasar cikini? emang enak sih…cuma luuuaaarrranggge pol!
    tapi ga papa buat yg gajinya 5 jt seminggu ^^v

  16. yen panjenengan di sekitaran meruya – kebon jeruk, coba di jalan pesanggrahan tiap sore.
    ada bakul gudeg bertenda hijau di sebelah warung nasi gandul.
    lumayan enak buat lidah jawa seperti saya.
    total kerusakannya jg masih masup di akal…

  17. gudeg yg enak ya di jogja…!!!!
    beda ama cewek..!!!!
    cewek jogja,bisa di nikmati dimana aja…!!!

    klo GUDEG.,..ya tetep dan harus ke jogja..!!!!

    *tok..antok….ruyungmu mana..??pinjemmm..!!!*

  18. elu tu yee… gue kasih info setu babakan malah nyari gudeg, ntar kalo gue kasih info gudeg lesehan, elu malah nyari rumah sakit… kan jaka sembung bawa gelas, gak nyambung mas… 😛

  19. whaaa dah nemu gudeg lesehan??
    aku sudah tinggal 7 thn di Jakarta belon nemu gudeg lesehan yang woke:((
    info donk gudeg lesehan di sekitar jakarta pusat….
    nek pingin gudeg mode lesehan masih didatangkan langsung dari yojo je via KA
    sore dititipke polisi ne sepur esuk e dijikuk nang gambir ;))

  20. total kerusakan cuma Rp.14.000,- kang? wah, murah banget tuh…
    di padang, utk sedikit melampiyaskan kangen thd kuliner khas djokdja ini, saya kudu bersediya diporoti sampek Rp.20-25.000,- an udah include es teh & tempe garit doreng.

    btw, itu di hayam wuruk ya? boleh tuh dicoba kalok pas dines ke jancukarta lagi besok.. :d

  21. 🙂 yihuuu…Thanks ya aku gi hunting panganan Jogja buat Buka n nemu Gudeg disekitar Meruya.Tp tepatnya dmn ya Mas Guntur??? Aku ra ngerti Warung nasi Gandul je?!:(

    Yo wislah, pulang kerja aku sempatkan buat Hunting; kl “Mr.ZAM” aza entok, weh aku yo kudu enthok no..:d

  22. Coba Gudeg di Grand Flora Hotel Kemang Jakarta….uenak….menyediakan gudeg kendil juga lho…..

  23. ada yang super enak nih..
    gudeg jogja bu hani di mampang, depan hero, langganan kru trans tv…
    kalo pusatnya di cengkareng, rawa bokor langganan pramugari cakep-cakep…
    hehe..
    salam kenal semua…

  24. wah bner banget mas zam…gudeg jogja rasanya sllu mmbekas di lidah..dan sllu ingin hunting kmn2..slut bwt hunting kuliner gudegnya yg pnuh perjuangan..mpe nyasar sgala hahaha…

Comments are closed.