Kecap Zebra, Kecap Asli Bogor

Kecap dan Cuka Cap Zebra

Pas keluyuran ngicip-icip penganan di Bogor kemarin, saya menemukan penjual soto yang menggunakan kecap (cap) Zebra.

Konon kecap ini adalah kecap asli Bogor yang telah ada sejak kurang lebih 60 tahun yang lalu.

Pabrik kecap ini berdiri pada tahun 1945 di daerah Gunung Batur, Bogor. Pabrik ini dibangun oleh Soedjono, seorang pembuat kecap yang mempunyai keahlian turun temurun dalam dunia perkecapan, yang berasal dari Juwana, Pati, Jawa Tengah.

Kecap produksi Soedjono awalnya diberi nama label Badak, namun setelah berproduksi selama 5 tahun, merk itu ternyata banyak dipalsukan dan membuat usaha kecap ini kolaps.

Tahun 1960, label Badak pun diganti dengan label Zebra. Ndak ingin mengulangi kerugiannya di masa lalu, merk ini segera dipatenkan.

Ndak seperti pabrik kecap lainnya, konon semua proses pembuatan kecap ini pun masih menggunakan cara tradisional. Mulai dari fermentasi, pengolahan, dan pengemasan, semuanya hand-made alias tradisional.

Bahan bakunya pun, kebanyakan masih alami. Kedelai yang telah difermentasi selama 1 bulan, dicampur dengan gula kelapa, garam, bumbu, dan air. Satu-satunya bahan pengawet hanyalah Natrium benzoat yang umum digunakan dalam industri makanan.

Kemasannya pun unik. Botol kecap biasa yang cuma ditempeli label kertas dengan cetakan duo-tone, hitam-putih. Logo Zebra yang digunakan, bila diperhatikan, adalah Zebra jantan.

Kok tau itu jantan atau betina? Liat dari stripingnya. Zebra jantan warnanya putih bergaris hitam, sedangkan zebra betina berwarna hitam bergaris putih. ๐Ÿ˜€

Dengan desain yang klasik banget ini membuat kecap ini begitu unik dan lucu. Ah, soal perlabel-an ini, Paman Gombal itu lebih tau banyak.

Label-label beginian ini mengingatkan saya pada Kecap Cap Jeruk dengan foto sepasang suami istri keturunan Tionghoa di label belakangnya jaman saya kecil ketika di Surabaya. Hoho..

Namun, yang bikin saya penasaran, kenapa menggunakan gambar Zebra? Kenapa ndak menggunakan Talas sebagai merk kecap? Mungkin njenengan tau? ;))

Sebagai leader dan tetua di dunia perkecapan Bogor, kecap Zebra bisa dibilang menguasai peta kuliner Bogor. Mulai dari pedagang soto hingga tauge goreng, saya melihat kecap ini banyak digunakan.

Rasanya yang khas dan mBogor banget inilah yang mungkin membuat kecap ini tetep menjadi kecap andalan penganan khas Bogor. Soal rasa, Mas Andrew Mulianto si tukang kecap, eh pendekar kecap dari perguruan JalanSutra yang pandai membedakan. ๐Ÿ˜€

Dari botol yang saya temukan, rupanya pabrik ini juga memproduksi cuka makanan dengan label serupa berbeda warna, Cap Zebra! Sebuah diversifikasi usaha yang semoga selalu bertahan. ๐Ÿ˜‰

Pabriknya sekarang, berada di daerah Ciampea, Kabupaten Bogor. Konon kita bisa berkunjung ke pabrik kecap ini dan melihat proses produksinya secara langsung.

Ah, jadi pengen ke sana.. ๐Ÿ˜•

90 thoughts on “Kecap Zebra, Kecap Asli Bogor”

  1. Label-label beginian ini mengingatkan saya pada Kecap Cap Jeruk dengan foto
    sepasang suami istri keturunan Tionhoa di label belakangnya jaman saya kecil
    ketika di Surabaya. Hoho..

    Iya. Itu kecap cap Jeruk yang pabriknya di Jln Sidonipah gang 2, Surabaya. Cuma sekarang bukan suami istri lagi, tapi “KUASA PABRIK KECAP CAP JERUK HWAN HONG PIEK”, kelihatannya anaknya, dua saudara yang satu mukanya kelihatannya “garang”… tau soalnya kemarin ngamatin pas makan bakso.

    btw, pemilik blog ini (dan siapa saja)… mohon liat http://matthewbrian.co.cc/?p=74
    why? ada yang mengejutkan disana…

    thanks

  2. Di daerah saya juga ada kecap kek gitu Kang…
    Tapi merk-nya Kepiting dan sekarang telah tiada dimakan burung Bango..

  3. WAA! Produk lokal! Wah wah…patut d coba nih. ;))

    *bru balik dr profile*
    Haha! Suka DAI??? VT??? ๐Ÿ˜ฎ

    Aaa***
    *histeris dlm hati*
    ^^v
    Sama dong…;))

    Anw, slam kenal…:d

  4. kecap bogor ya? pantes dulu sering liat..*halah* tapi yang beli jarang buat di rumah yah.. lebih banyak untuk dagang. jadi kangen bogor.. hiks

  5. Hehehe..jangan-jangan itu kecap terbuat dari susu zebra.
    Btw, itu diphoto dan diposting pakai Blackberry ya……..ampun, yang jelas photomu berdua, sejoli, sudah tak pejeng di blog ku ya…….:d/

  6. waduh hari gini masih ada kecap asli yang dah dari dulu?
    Buset..keren…bisa dijadikan aset untuk mendukung visit Indonesia 2008 nie meski dari segi kecapnya aja ๐Ÿ™‚

  7. ;)) Sayah beneran bingung.. knp yah kalo merek kecap selalu pake nama hewan.. huihui.. ada angsa, bango.. eh.. ternyata ada badak dan zebra juga.. huihui.. dah kehabisan ide nama kali yaah ๐Ÿ˜€

  8. dari cara menyajikan berita sepertinya anda sudah pernah mengunjungi pabrik kecap tersebut, ternyata belum toh …….

    @Antohilang : yg dimaksud itu kecap CA merek Tika atau kecap CA jualannya Tika atau bagaimana?

    .::he509xโ„ข::.

  9. halah..lucu banget labelnya, *jadul mode on*..mereka ga bikin iklan2 di tipi yang masang chef-chef terkenal tapi tetep ngeksis ya..mantabbhh:clap

  10. heh…jd inget, jaman kcl dulu, di sebelah rumah ada pabrik limun dan soda : HERCULES. itu bener2 pabrik jadul, botolnya aja jadul bgt, pake bukaan yg unik banget, beda buanget ma jaman skrg. dan kl beli, botol harus dibalikin, krn langka.
    dan dulu, suka bgt beli ber botol2 minuman bersoda SARSAPARILLA.
    cara menikmatinya ga sekedar diteguk ketika dingin, tp juga dicampur dg eskrim vanilla^^

    ASYEMMMM…bener2 jd kangen….
    papan reklamenya ygjadul, kuno, sedari jaman 60an dg warna kusam bergambar gadis kecil kepang dua….
    trus sering juga masuk pabriknya dan liat caranya bikin + pengemasannya. stempelnya yg dipasang dg lem kanji (??? pokoke hand made bgt deh), waduuuh aseli eksotis bgt…

    sayang waktu itu masih kecil jd ga berasa apa2. skrg udah jd pabrik es batu :((
    (kl masih ada).

    *walh sudah panjang kali lebar samadengan luas, OOT pula*
    *yoben, mumpung kelingan*

  11. hehehe kalo saya pernah nyobain kecap kurma mas,,welaah ajibb tenan

    @wulan
    sarsaparilla ya mbak?kmren waktu makan di kupat tahu per4an SGM, Jogja saya juga nemu minuman itu, rasanya mirip rootbeer ya?

  12. @ nyamukbingung:
    Sarsaparilla memang berasa seperti root-beer. di beberapa kemasan minuman root-ber, saya menemukan tulisan: rasa sarsaparilla.

    yang unik dari di minuman Sarsaparilla ini adalah botol dan kemasannya yang klasik banget. konon minuman ini hanya ditemukan di Jogja. soal Sarsaparilla, saya pernah nulis di sini

  13. Ralat dikit kang zam,
    Botol kecap Jeruk itu, pabriknya Hwan King Hien, Sidonipah Gang 2 No. 6 Surabaya.
    Sekarang dipegang anaknya (Kuasa Pabrik Kecap Cap Jeruk), yaitu :
    Hwan Hong Piek dan Hwan Hong Poen.

    Thanks

  14. @ Brian:
    terima kasih informasinya. dulu pas jaman saya kecil, fotonya ya masih pasangan suami istri itu, jikalau sekarang sudah berpindah tangan, ya saya kurang begitu mengetahui. ๐Ÿ™‚

  15. Kecap bukannya paling enak keap bango yach???

    Tapi keknya pernah inget kecap ini dulu banget, pernah disuguhin ibu saya, hehehe…

  16. keluarga mertua saya termasuk penggemar fav kecap zebra…dari dulu sampai sekarang. tidak mau pindah, meski banyak iming-iming dari kecap merk lain.

    rasanya, katanya, yang membedakan dengan kecap merk lain..

  17. Di semarang ada kecap Mirama yang melegenda..
    Tanpa ada gambarnya, hanya ada motif batik di labelnya.

    … salam kenal ya mas…

  18. wehehe… malu saya, orang bogor tapi nggak tahu sejarah kecap zebra… tapi kalo di lidah saya sih kurang cocok, soalnya sudah telanjur ngefans sama kecap merek pabrik lain hehe..

  19. wekekeke,…. sarsaparilla yach,…
    iya dulu botolnya jadul bgt,… tapi sekarang keluar lagi lho yang baru,… botolnya ngga kalah unik,… tapi kayaknya lebih modern hehehe

    cobba liat nih ,… http://www.indosaparella.com

    cuman kayaknya belon rata distribusinya ๐Ÿ˜€

  20. ^^vhmmm…kecap zebra…uenaak tenan, mantap. saya rindu banget tuh…dah 2 taun ni, ga nemuin kecap zebra…tinggal jauh dari bogor yang keingetan cuma kecap zebra n ujan, hehe

  21. kebetulan ketemu tentang kecap zebra..saya cuma mau menawarkan gula aren (gula merah) dengan kualitas bagus..mungkin bisa kerjasama gitu.. boleh contact ke email saya.. makasih ya..

  22. Saya Punya briket Batubara untuk industri gula merah / gula aren , industri snack, industri tahu tempe , industi kecap dan saos serta lain lain . dapat hubungi saya di 081310331076

  23. Buat rekan2 klo ada yg membutuhkan gula kelapa/jawa,dengan kualitas bagus
    asli banjar jawa barat.
    melayani partai besar atau kecil hubungi sy di no 02171112653/085211459178

  24. klu butuh gula merah berkwalitas tinggi silahkan hubungi kami 0355-395610
    kami siap melayani berapapun order yg anda butuhkan..

  25. kami siap melayani pesanan gula merah berkwualitas tinggi dlm jumlah banya..
    hub:0355-395610 atau 08563635000
    kami siap melayani!!!!!!!!

  26. di daerah saya…dekat baduy…banyak sekali gula aren asli baduy…jika ada yang berminat silah hubungi saya…….

  27. Pak, kebetulan saya tertarik sekali tentang masalah kecap,, kira2 saya bisa dikasih alamat lengkap Kecap Zebra ini berada dimana???
    Kebetulan sy sedang mencari tempat untuk kerja praktek pak. Terimakasih.

  28. saya punya produk GLATIN BUATAN LOKAL DAN HALAL BERSERTIFIKAT MUI
    pemesanan kris 081388433200

  29. Saya ingin menawarkan kemasan botol kecap, yang terbuat dari bahan plastik aman untuk kontak langsung dengan makanan, tersedia untuk beberapa ukuran dan model.

    Majukan usaha anda dengan memakai kemasan yang praktis dan higenis

    harga murni pabrik,
    untuk informasi lebih lanjut silahkan kirimkan email anda ke, esterpanggabean@hotmail.com

  30. butuh gula jawa kita bisa pasok dalam skala kecil hingga besar, dengan harga bersaing (produksi hasil dr petani gula banyumas-jateng), langsung dr petani tanpa perantara shg harga bersaing. kwalitas gula super, kw-1, kw-2, dan b.s berminat hubungi 081931434945

  31. butuh gula jawa dgn kwalitas super, kw-1, kw-2, dan kwalitas b.s, kita bisa suply dlm skala kecil hingga besar. gula produksi dr petani gula jawa daerah banyumas – jateng. tanpa perantara dengan harga bersaing…berminat hubungi 081931434945

  32. salam kenal….
    pak jika bapak membutuhkan molase untuk bahan campuran kecap, kita ada molase dari kota cilegon dengan kadar brigs 80-90% kualitas bagus kental……… dan harga’y pun bersaing……
    jika bpk berminat silahkan hub:
    udin ๐Ÿ˜‰ 081906440800……
    semoga kita dapat menjalin kerja sama…..

  33. jika bapak masih mau menerima pasokan gula kelapa kualitas bagus, atau bs bisa hubungi kami ud nugrahani purworejo.085228815208
    harga bersaing …..
    semoga dapat menjadi mitra usaha anda

  34. tambah lagi gula yang dari kami asli tanpa campuran. pathi,gulapasir dll 100%asli tersedia kelas 1, 2 dan bsjuga ada,,
    buat yg kebetulan baca dan minat ada juga gula untuk kelas pasar…trims

  35. ass.saya ingin menawarkan molase kwalitas yang baik dari hasil pabrik gula jabar dan jateng.

    cp.irfan
    bila bapa tertarik hubungi saya di no 087725091777

  36. salam hangat mas
    saya galih dari cirebon,pda dasarnya saya ingin menawarkan gula merah tebu untuk pembuatan kecap.siapa tau kita bisa bekerjasama

    terimakasih

    galih ikhwansyah

  37. kalau soal rasa kecap Zebra tidak kalah dengan kecap – kecap yang lain, yang kalah dari kecap Zebra adalah Promosinya yang tidak ada. Walaupun pernah dikhianati oleh karyawannya sendiri tapi sampai sekarang kecap Zebra masih tetap berdiri dan berproduksi dengan rasa yang tidak berubah…..

  38. Saya punya MOLASSE, Apakah setiap pembuatan kecap memakai bahan Molasse ? Terima kasih atas infonya.

  39. Saya punya MOLASSE silahkan hub 081703379888, Apakah setiap pembuatan kecap memakai bahan Molasse ? Terima kasih atas infonya.

  40. bagi yang membutuhkan gula aren/gula kelapa, kami dapat menyediakan dalam partai besar ataupun kecil dengan harga yang bersaing,untuk informasi lebih lanjut dan yang berminat dapat menghubungi :
    – Andika : 0853 111 74812
    085 7172 4 1661
    E-mail : saranamitra@ymail.com
    Fax : 022 – 723 7767
    untuk pengiriman luar kota bisa di bicarakan lebih lanjut selain itu juga kami siap melayani pangajuan kontrak kerja sama

  41. assalamualaikum
    Bagi yang membutuhkan gula kelapa kwalitas tinggi dari tasikmalaya, bisa hubungi kami 085220032867

  42. Salam kenal semua nya.
    Jika saudara2 membutuhkan molase untuk bahan campuran kecap, kita sedia Molasses Lokal( Jawa Barat )dengan kadar brigs 70-80% dan Molasses Rafinasi ( Cilegon ) dengan kadar brigs 80-90% kualitas bagus kental dan hargaโ€™y pun bersaing.
    jika bpk berminat silahkan hub:
    Didiet : 081321514070
    semoga kita dapat menjalin kerja samaโ€ฆ..

  43. kalau ada yang butuh
    1.acetic acid
    2.citric acid
    3.phosporic acid

    silahkan hubungi kami 087878178587/085691871828

Comments are closed.