Apa yang Didapat dari Blog?

Suatu saat ada yang bertanya kepada saya, “apa sih manfaat dari blog?”. Saya pun sempat merenung dan berpikir, “iya ya. apa sih yang saya dapat dari blog?”

Memang, ada beberapa bloger yang mencari uang lewat blog, baik dengan cara-cara yang baik maupun dengan cara-cara yang cenderung curang, namun pertanyaan ini lebih mengarah ke sisi “non-ekonomis”.

Bila mengingat kembali ke masa awal-awal ngeblog, saya sendiri ndak sampai mengira akan sedahsyat ini apa yang saya dapat dari blog. Bayangkan, dari bertukar-tukar tulisan di ranah maya, saya bisa berjumpa dengan berbagai orang dan mendapat berbagai hal.

Ambil contoh lah, mana pernah saya dulu terpikir akan bertemu dengan redaktur senior koran cerdas, sutradara yang karismatik, dan beberapa orang hebat lain yang ndak pernah sedikit pun terlintas akan bertemu bahkan kenal.

Persaudaraan. Mungkin beberapa orang akan menyangsikan dengan hubungan yang terjalin dari ranah maya, namun saya kok justru merasa dari ranah maya ini justru lebih terasa “nyata”. Bahkan perlu diakui, dari ranah blog inilah saya ketemu dengan pacar. :”>

Saya pun termasuk orang yang percaya bahwa sebenernya dari hubungan antar manusia itu akan selalu diikuti dengan nilai-nilai ekonomis. Dari hubungan pertemanan itu, kita bisa mendapatkan berbagai keuntungan, baik secara finansial atau pun keuntungan lain yang bernilai ekonomi walau ndak melulu berwujud uang.

Beberapa blog, sering dijadikan “portfolio”. Sang pujangga, dari blog akhirnya bisa menulis buku. Seniman grafis menjual kemampuan desainnya di blog. Si tukang masak akhirnya bisa membuat usaha katering sendiri yang pemesannya tak lain dan tak bukan adalah bloger.

Saya kira itu cuma beberapa keuntungan yang bisa didapat dari blog. Masih banyak lagi yang sebenernya bisa kita dapat dari blog.

Kalo menurutmu, kira-kira apa yang kamu dapat dari blog?

51 thoughts on “Apa yang Didapat dari Blog?”

  1. bisa kenal ma teman2 cah andong, dan bloger2 lainnya. 😡

    orang yg gak dikenal sampai bisa ngirim saya boneka *lirik mbak silly*, dan daging dari kupang *lirik pakdhe mbilung* :((

    duh senang pokoknya bisa punya teman2 di ranah blog

  2. banyak zam banyak, salah satunya bisa kenal sama kamu yg edan :d/

    eh blogmu ini kedetect situs yg ga boleh dibuka di kantorku, jd klo mo buka aku hru pake proxy dulu :-w

  3. Pertanyaan klasik..

    Saya ngeblog bukan karena pengen dapat apa-apa dari blog.. Saya ngeblog karena saya bisa jadi diri saya yang sebenarnya di blog..

    *sok bijak*

  4. yaa apa guna blog itu ?
    2 minggu yang lalu saya baru tau apa itu blog
    tadinya hanya main friendster atau tagged
    manfaatnya bayanyak banaget

  5. keuntungan nge blog?

    teman; tentu saja, buktiya saya terhubung kembali dengan teman teman lama saya, tentu juga karena campur tangan mbah google.

    banyak deh, pokoknya …

  6. Sing wis pasti tambah pinter misuh, ngapusi, berakal iblis, berhati malaikat…pokeke okeh tenan, krn setiap kepala berkomentar sewueenaknya

  7. bagi saia, mungkin tidak begitu penting apakah tulisan di blog saia mau dibaca orang atau tidak. manfaat blog menurut saia adalah bisa nulis unek2 sekarepe, dapet temen dan kalo bisa sih dapte duit, hahaha

  8. banyak…
    Zam, dirimu sering mengunjungi pejalanjauh?
    qoq beberapa kali aq moco komen sko ‘zam’
    or zam yg lain y?
    :d

  9. Sharing informasinya mas. Walaupun awalnya nyari wangsitnya via googling tapi ya ujung-ujungnya balik lagi ke halaman blog jawabannya.Kalo menurut saya blog banyak berserakan ilmu yang sangat sangat luas,dari mulai yang paling g guna sampai yang paling penting :D.

    Diblog juga saya bisa menunjukan siapa saya kepada semua orang yang ngakses blog saya tentunya (walah jadi curhat he2).

    Dan menurut saya hal apa yang sanagt berharga yang saya dapatkan dari ngeblog adalah teman dan saudara saudara baru.(Sepakat dengan apa yang mas tulis).:)

  10. :)Salam Sejahtera…

    Benar sekali..klo bagi Sy blog adalah tempat curahan hati…kita yg sebenarnya..tentang apa saja..apalgi yg suka menulis bisa dimulai dari sini…semua imajinasi dan pengalaman serta tentang kehidupan yg kita alami bisa kita tuangkan lewat blog…pokok nye..seru deh berkeliaran didunia maya yang atu nih..asal utk positif yee..
    Salam dari Cibubur..

    Love&Peace,

    torutorubozhu(^^v)

Comments are closed.