I Went to Pesta Blogger 2008!

Perhelatan akbar Pesta Blogger 2008 yang mengumpulkan para bloger (hampir) dari seluruh penjuru Indonesia kemarin boleh dibilang cukup sukses.

Saya beruntung bisa menghadiri perhelatan akbar tersebut, dengan motivasi yang tak lain dan tak bukan adalah kopdar, kumpul-kumpul, guyon goblok, dan gojek kere bersama teman-teman sesama bloger.

Selain datang telat karena faktor transportasi, saya juga kurang begitu suka mengikuti acara sambutan-sambutan yang biasanya menjadi acara “inti” dari acara-acara formal yang ada di Indonesia.

Begitu melakukan registrasi, saya yang datang bareng Dita dan temen-temen dari Blogor langsung menuju ke tribun atas untuk menambah kerusuhan yang sebelumnya sudah ditimbulkan oleh teman-teman gabungan dari CahAndong, Loenpia, BHI, dan TPC yang dipimpin oleh bagindaku bukan bagindamu atau baginda mereka.

Saya memang cuma ingin berkumpul dengan teman-teman yang lama tak bersua. Sejak di Jakarta, frekuensi kumpul-kumpul untuk gojek kere dan guyon goblok bersama teman-teman bloger memang jauh berkurang. Tentu karena faktor kesempatan dan waktu, yang ndak saya temui pas masih di Jogja.

Kami seolah tak memedulikan acara yang berlangsung di atas panggung. Buat kami, bisa berkumpul bersama teman-teman sudah cukup. Namanya juga pesta, jadi ya intinya berkumpul dan bersenang-senang, bukan?

Hingga tibalah acara pengumuman penghargaan kepada komunitas bloger yang dianggap mengusung semangat “blogging for society” seperti yang menjadi tagline Pesta Blogger 2008. Predikat “Most Promising Blogger Community” diterima oleh Bali Blogger Community, sedangkan “Blogging for Society Award” tak disangka jatuh ke CahAndong!

Senang bercampur haru langsung menyeruak. Saya dan Momon sang ketua kelas ditunjuk oleh temen-temen untuk maju dan mewakili CahAndong menerima hadiah berupa uang pembinaan 10 juta rupiah dari Oxfam, piagam, seperangkat komputer dari HP.

Namun CahAndong saya rasa ndak layak berbangga diri dan sombong, setidaknya setelah saya membaca profil Anging Mammiri pada CD yang disertakan di dalam goodie bag. Kegiatan temen-temen komunitas blog lainnya saya yakin ndak kalah bagus atau bahkan lebih keren dari kegiatan CA yang isinya kebanyakan senang-senang dan makan-makan ini.

Publikasi, adalah unsur penting yang dapat saya simpulkan. Viral publication yang dilakukan oleh bloger, merupakan salah satu faktor yang memberikan pengaruh besar. Terus terang, saya jarang membaca postingan mengenai kegiatan temen-temen dari komunitas lain, sehingga gaung kegiatan mereka ndak nyampe.

Sekecil apa pun kegiatannya, baik sosial atau bernilai ekonomis, jangan segan-segan mempublikasikannya di blog. Perkuat juga lini komunikasi lintas komunitas, karena kegiatan yang berbasis komunitas akan mampu hidup bila didukung oleh komunitas juga. Sebagai contoh, Gerakan 1000 Buku yang digagas temen-temen BHI yang awalnya cuman rasan-rasan dari pelataran Plaza Indonesia bisa sebesar itu karena dipublikasikan oleh beragam komunitas bloger.

Kekompakan, kepercayaan, dan rasa saling memiliki menjadi unsur yang juga penting. Jujur, selama kegiatan CahAndong, kami ndak pusing nyari sponsor untuk pendanaan. Dengan swadaya, swadana, saya yakin inilah kunci keberhasilan suatu komunitas. Kalo ada yang nyeponsori ya, alhamdulillah. Semangat memiliki di komunitas akan terbentuk dari kontribusi yang diberikan kepada komunitas itu.

Semoga ini bisa menjadi masukan bagi komunitas-komunitas lain di Indonesia sehingga dapat tumbuh pesat dan berkembang.

Terima kasih temen-temen CahAndong! Terima kasih teman-teman dari komunitas bloger lainnya! Terima kasih Pesta Blogger! Terima kasih atas semua dukungannya!

Setelah makan siang yang diselingi oleh interview dari beberapa media, saya dan Dita mengisi acara break out session yang mengusung tema “Ngeblog untuk Pemula”. Awalnya saya kurang pede untuk diminta mengisi acara berskala nasional tersebut, apalagi bila dibandingkan dengan para pengisi acara lain yang lebih ahli di bidangnya, namun saya berpikir karena saya juga bloger pemula, maka saya cuma ingin berbagi pengalaman kepada teman-teman sesama bloger pemula.

Teman-teman yang ikut serta dalam diskusi kami sangat menyenangkan. Beberapa bloger tampak antusias dan khidmat mengikuti materi yang kami bawakan tersebut. Beberapa peserta bahkan meminta materi slide yang kami tampilkan. Nah, untuk materi, silakan diunduh di sini. Acara ini juga diselingi bagi-bagi goodie bag dan sebuah hadiah berupa handphone dari sponsor.

Di sesi ini, kami mencoba berbagi pengalaman mengenai bagaimana merawat suatu blog agar tetap tumbuh. Mulai dari sisi bloger itu sendiri, yaitu bagaimana menggali ide, memilih platform blog, hingga tips dan trik untuk membuat blog tetap hidup. Selain itu, kami juga berbagi pengalaman mengenai bagaimana bergaul di blogosfer hingga membangun komunitas.

Selesai acara break out session, saya melihat mbak Perucha Hutagaol, sang Trinity, penulis buku The Naked Traveler yang saya kagumi. Setelah mengejar dengan kesetanan, akhirnya saya bisa mendapatkan tanda tangannya di buku dan berfoto bersamanya! Suatu kehormatan!

Hoho, moga-moga saya bisa berkeliling dunia seperti beliau. Amiieenn!!!

Acara bagi-bagi doorprize dari sponsor menjadi acara yang ditunggu oleh para peserta, yang diselingi dengan penampilan Mayla Faiza menggesek biola, akhirnya tiba. Saya sendiri ndak berharap banyak untuk mendapatkan doorprize yang memang bikin ngiler itu. Buat saya dan teman-teman, “menang ora menang, sing penting foto!”. Mendapat doorprize atau tidak, yang penting berfoto (dan berkumpul)!!

Selamat kepada panitia. Selamat kepada semua bloger!

Saya juga mohon maaf kepada temen-temen yang ketemu saya namun ndak saya sapa, bahkan ada yang saya sampai lupa namanya. Mohon maaf banget! Maklum, karena rame banget dan banyak banget, saya jadi bingung dan ribet. Yang pasti saya senang banget bertemu dan berjabat tangan dengan kalian!

Sampai jumpa lagi di Pesta Blogger 2009!

Gambar Blogging for Society Award diambil dari Flickr Tony Wahid dan gambar break out session diambil dari YeBeeS.

70 thoughts on “I Went to Pesta Blogger 2008!”

  1. sukses mas muhammad zamroni. aku baru ngeh. tadi pagi saya juga menyimak beritanya di tran 7.

    Semoga kumpul2nya bisa memberikan andil yg besar buat negeri antah berantah ini.amin2.

    bagaimana caranya bisa gabung di jengjeng matriphe?apa ada syarat khusus? terima kasih.

    wassalam.
    taufik am

  2. Kata Ndoro Kakung : jangan malas untuk berjalan-jalan dan memberi komentar di blog yang telah mengunjungi blog anda…hehehehe…

    Salam kenal, bos…fotonya yg sama nonadita bikin saya iri deh…:-”

    anywei, materinya bagus, at least bisa ngebantu blogger pemula untuk terus berkarya…thx

  3. arrrgghhh…ada mbak Trinity juga yaaa??? btw, kemaren cuman berani memandang punggung mas Zam dari belakang..ndak berani nyapa..hakhakhak..cemen bener..anw, viva bloggers!!

  4. hehehehe, akhirnya ktemu lagi…
    selamat buat cahandong…
    tapi lain kali yo opo kalo gabung dengan teman2 yang lain juga.. hehehe πŸ™‚
    eh andi bagus datang loh… (dia boz saya di TPC) hhehehe

  5. aku yang bersama adham dan si goen itu ( mereka berdua adek kelasku di kampus )

    wah akhirnya ketemu jenengan juga.

    mantab dah tutorial blog for newbies … keren itu buat yang baru ngeblog dan kekurangan ide

    ketemu blog seleb dari ngayogyakarto dan cahandong yang rame tenan

  6. saya ndak sempat ngikutin breakout session yang kalian bawakan lantaran salah ikut breakout session, jd saya ngunduh materinya aja deh.

    untung kemaren ga ada penghargaan the most promising blogger couple ya, hehehehe….

    :d:d:d

  7. hanny mengucapkan selamat atas keberhasilan cah andong, dan berpikir bahwa zamdita adalah pasangan fasilitator paling menggemaskan dalam break-out session pesta blogger 08 πŸ˜€

  8. Quote:….saya juga kurang begitu suka mengikuti acara sambutan-sambutan yang biasanya menjadi acara β€œinti” dari acara-acara formal yang ada di Indonesia.
    ————-
    Iya, ini adalah risiko karena PB08 didukung oleh 3 menteri di Indonesia…dan juga membuat acara telat dimulai.
    Apa boleh buat, dan saya lihat para blogger tak terpengaruh, atas telatnya awal acara ini…mereka sibuk ngrumpi, ketawa-ketawa ketemu teman yang selama ini hanya dikenal didunia maya.

  9. huhuhu… aku ndak dapet doorprize.
    padahal waktu itu cuma beda 1 angka. πŸ™
    hehehe… tp asyik lah pesta blogger.
    jd bisa ketemu banyak orang yg selama ini cuma ditemui di dunia maya. πŸ˜€

  10. hmm, dari kemaren waktu ketemu kayak curiga kok nempel banget yah ama non dita, taunya..hahaha..

    eh, selamat ya aku baru tahu loe yg naek nerima penghargaan kemaren di PB..plus thanks utk apresiasinya utk Angingmammiri…(sempat banyak temen2 yg pada heran soal penghargaan ini..but no worries lah…life must go on…)

    salam kunjung..

  11. salam Kenal Zam.. gak apa sayah panggil gitu yah.. dapet link dari blognya pak wiemar.. ini bagus, sekali.. semangat ngeblog yang hampir padam tumbuh lagi.. hihi thanks 4 inspiring.. salam buat nonadita.. Sekampung Kita.. saya asli CIBINONG, sekolah di BOGOR dan DEPOK, Sekarang kerja DI FLORES.. wajib kunjung sepertinya nih…(“,)

  12. wuihh…ga nyangka ternyata temen maen mobil2anku udah sukses sekarang…selamat ya sob..suksesnya tularin ke aku dongg…,email aku yah..

  13. oooooo…sayah baru nyadar! dikau tuh yang ngisi session newbie blogger. yayaya sayah ikutan sesi ntu. sayangnya ga kebagian doorprize dari si ganteng dari microsoft. xixixi.

Comments are closed.