JanjiHati.Com: Situs Pernikahan Fany & Yudis

JanjiHati.com - The Wedding Page Fany & Yudis

Akhir Mei 2009, saya dimintai tolong Fany untuk membuatkan desain situs pernikahannya dia ama Yudis. Karena waktunya mepet banget, saya cuma mengkonversi konsep undangan cetak ke web.

Situs ini dibuat pake WordPress. Dengan hanya berbekal theme khusus, kita bisa membuat WordPress tidak lagi menjadi mesin blog namun lebih ke sebuah CMS yang fleksibel dan lengkap.

Saya akan mencoba berbagi tips saat mengerjakan desain ini. Berbekal sebuah gambar hasil kerjaan Goenrock dan Yudis, saya mulai mengolahnya di Photoshop.

Gambar dari desain undangan saya potong-potong dan disusun ulang dengan mengkoding langsung ke HTML. Saya memang lebih suka melakukan koding langsung menggunakan text editor. Dengan pengaturan melalui CSS, saya merasa saya bisa lebih “presisi” dalam meletakkan elemen-elemen HTML tersebut.

Setelah mockup desain HTML selesai, baru saya konversikan ke format theme WordPress. Kita tentu harus mengetahui aturan pembuatan theme WordPress.

Karena simple banget, saya hanya membutuhkan satu file induk index.php saja untuk menangani seluruh konten dengan bertumpu pada statemen if-else. ๐Ÿ™‚

Fany meminta tampilan utama tidak mengarah ke artikel blog, namun ke sebuah halaman statis. Ini bisa diatur melalui menu Settings ⟶ Reading. Kemudian pada opsi Front page displays dipilih ke static page dan pilih halaman mana yang akan ditampilkan sebagai default.

Untuk Gallery, saya ndak menggunakan plugin apa pun. Saya hanya memanfaatkan fitur Gallery yang ada pada WordPress.

Album dibuat dengan menggunakan posting artikel dan kategorinya diset “gallery”. Halaman Gallery akan memanggil semua postingan alias album yang memiliki kategori “gallery”.

Untuk Guestbook juga hampir sama caranya. Guestbook ini sebenernya hanya memanfaatkan fitur komentar. Komentar hanya diaktifkan pada halaman Guestbook ini saja.

Untuk halaman Blog, prinsipnya hanya memanggil postingan-postingan yang memiliki kategori “blog”. Mudah banget, kan?

Secara konten, wedding site Fany berbeda dengan yan lain. Selain menonjolkan diri si pengantin, situs ini cukup informatif. Di menu blog, Fany memberikan informasi tentang cara menuju ke lokasi, moda transportasi yang bisa digunakan, hingga info penginapan.

Nah, ternyata membuat sebuah wedding site dengan menggunakan WordPress itu gampang banget. Ada yang mau saya bikinkan juga? ;))

Selamat ya, Fan! Semoga langgeng dan bahagia! ๐Ÿ™‚

52 thoughts on “JanjiHati.Com: Situs Pernikahan Fany & Yudis”

  1. huwaaa … teganya dirimu meninggalkanku. Selamat ya mbak fany, saya diundang gak ??

  2. ndak disangka Mas Zam bisa juga desain web, hehehe, bagus mas desainnya. Terutama saya suka text-editornya, buat web pake notepad, nyamm!

  3. iki kado dari mu untuk kedua mempelai Zam?

    Tak dinyana, dibalik jenggot terdapat romantisme yang tak berujung…

    :-“

  4. wah, six banget moment pernikahan diabadikan dalam bentuk website gitu… jadi gimana gitu…

    bisa jadi berbagi kebahagian buat yang gak diundang dalam acara pernikahan.. hehe ;D

  5. Semoga langgeng dan bahagia buat Fany and Yudis.

    Om Zam., saya mau juga donk dibuatin klo dah mo nikah tar ๐Ÿ˜‰

    gk nyangka dibalik jenggot dan Syakodaaaap ada sisi romantis :-“

  6. Ehhhh, warnanya nice banget nih mas.. Kalo mau kawin.. aku ama mas zam deh.. eeeehh maksudnya lirik2 mas zam deh.. eeeeh salah lagi, maksudnya mau konsultasi sama mas zam ttg buat website2 kawinan, hehehehe..

  7. Wah, matursuwun tutorialnya.. ringkes tapi berguna… Aku penasaran dengan WP dan sepertinya pengen belajar ke arah situ meski ada godaan juga untuk pake Agile on Rails…

  8. saya suka dengan website anda karna bermanfaat .. RAHASIA dapat uang 10 juta per bulan dengan garansi 12 bulan/ 1 tahun , gagal uang kembali 3 kali lipat. klw kalian seriuz itu gampang banget.! SAYA BUTUH WAKTU ANDA 1 MENIT SAJA di sini, di http://www.RahasiaWebsitePemula.com/?id=kongsi!!
    saya jamin anda akan puas dengan hasil nya!! buktiin aja!! Terimaksih

Comments are closed.