Kisruh DEPKOMINFO!

Kisruh Depkominfo

Karena beberapa hari terakhir ini banyak sekali acara kopdar, maka acara kopdar akan saya tuliskan secara bersambung mulai postingan ini. Maklum (merasa sok) seleblog, dab! B-)

Sepertinya bulan Mei ini bakal menjadi bulan kopdar bagi temen-temen blogger Jogja. Setelah mengawali bulan dengan menyerang Semarang dan kumpul-kumpul gak jelas beberapa waktu yang lalu itu, kini giliran Jogja yang diserang. Mulai dari Depkominfo yang menginvasi hingga serangan blogger-blogger luar kota, baik yang pulang kampung atau cuma datang berkunjung.

Mari kita langsung saja ke bagian pertama dari acara yang bertajuk Kopdar Raya ini, yaitu Kisruh DEPKOMINFO. Selamat mengikuti. 🙂

Hari Selasa-Rabu (15-16 Mei 2007) lalu, CahAndong ngisruh di acaranya Depkominfo yang diselenggarakan di Hotel Santika Yogyakarta. Acara Sosialisasi Pengembangan dan Pemanfaatan Sistem Informasi, Perangkat Lunak dan Konten dengan tema “Meningkatkan Produktifitas Melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi” ini berlangsung kisruh!

Apalagi kalo bukan dengan ulah ndeso dan ngisin-isini jepret sana jepret sini. Bahkan tak segan untuk cekikikan dan “membersihkan” hidangan mulai dari coffee/tea break pagi, makan siang, sampe coffee/tea break sore. La kapan lagi makan gratis di hotel berbintang? :))

Yang lebih kurang ajarnya lagi, kok ya para eblis dan seekor ebliswati dengan sok nggaya ikut ngisruhi acara workshop yang diadakan di hari kedua. Maaf, anda mengundang komunitas yang salah! :))

LATAR BELAKANG

Diawali dengan telepon dari nomor Jakarta yang masuk ke henpon saya. Begitu diangkat, terdengar suara seorang pria *sial* yang “mengaku” dari Depkominfo.

Saya mengira ini hanya hoax. Segera saya mengkonfirmasikan hal ini ke rekan saya Kang Budiyono juragan bokep Jepang Loenpia.

Blaik! La kok Loenpia ndak dihubungi? Saya pun bertanya-tanya hingga akhirnya konfirmasi kejelasan dan kevalidan acara saya peroleh dari Bude JengJeng saya itu.

HARI PERTAMA: SOK SEMINAR

Setelah informasi terbrodkes, banyak sekali respon temen-temen. Bukan, bukan karena tajuk acaranya yang terlihat menarik ojek dan mentereng, tapi karena kami sudah nawaitu makan gratisi minal hoteli fardholillaahi ta’ala. 😀

Akhirnya, pada hari-H, kesempatan itu tiba. Dengan gaya sok kece, kami pun mencoba tampil prima supaya terlihat layak dan wangun kalo mo ngisruh ke hotel. Walau sempet clingak-clinguk sampe diliatin satpam karena bingung mo markir motor di mana, akhirnya kami pun memarkir motor dengan sukses dan bersahaja.

Nah di sinilah terjadi adegan menegangkan dan membuat adrenalin mengalir lebih deras! Bukan, bukan karena kami dikejar-kejar satpam hotel karena tampang kami yang kayak maling, tapi karena saya bertemu dengan sosok yang paling saya takuti tapi juga saya cintai.. Sosok itu adalah Dosen Pembimbing saya!! 😮

Bertemu Pak Dosen Pembimbing tercinta!!

Saya tak menyangka bahwa beliau juga diundang. Walau saya sudah berusaha mengendap-endap, bersembunyi di balik punggung orang lain, akhirnya saya pun ketahuan juga! #-o

Terjadilah percakapan singkat antara saya (S) dan Pak Dosen (D) berikut ini:

D: “Loh, Zamroni sedang apa di sini?”
S: “Hehehe.. Mengerjakan Bab 4 Kami diundang juga, pak! Mewakilil blogger.”
D: “Oo.. Berarti nanti bisa mengikuti acara sampe selesai, ya?”
S: “Mmm.. Kira-kira begitu, pak. Lo, bapak ndak sampe selesai?”
D: “Ndak, sehabis makan siang saya pulang”
S: “Waduh, berarti SMP donk, pak?”
D: “Apa itu?” 😕
S: “Sudah Makan Pulang..” :-”
D: “Oo tidak!!” *nada sedikit meninggi* “Sudah Makan Kerja.. Saya masih ada kerjaan..”
S: “Heheheh.. Iya deh, pak..” *sambil berdoa agar percakapan segera berakhir* [-o<
D: "Oke, saya masuk dulu.. Jangan lupa segera diselesaikanâ„¢ ya!" 😉
S: :-S

Mari kita lupakan adegan tersebut di atas dan kembali ke Bab 4 seminar. Dengan sigap dan penuh hikmat kami berpose mengikuti acara seminar tersebut.

Mengikuti acara seminar dengan “baik”

Acara seminar berlangsung dengan membosankan. Sekali lagi, demi membunuh rasa bosan, kami pun bertingkah ndeso dan ngisin-isini. Permen jahe suguhan dari hotel kami habiskan. Mayan, sisanya bisa dikantongi. :-”

Seminar ini membahas soal sosialisasi penggunaan perangkat lunak yang bebas dan legal. Bebas di sini lebih ditekankan ke penggunaan perangkat lunak FOSS, sedangkan legal lebih ditekankan dengan penggunaan perangkat lunak yang bukan bajakan.

Dan ketika sampai pada materi tentang konten, sang pembicara mulai menyinggung-nyinggung soal blog. Sial, tak pelak kami yang duduk satu baris di depan langsung jadi pusat perhatian. Padahal saat itu kami lagi gojek kere dan guyon goblog seenaknya. :))

Materi konten inilah yang seringkali bersinggungan dengan blog. Beberapa kali kita dengar soal blogger yang mengalami kasus karena tulisan-tulisan di blognya. Apalagi ada wacana yang digulirkan untuk “mengatur” konten yang ada di media internet, yang menurut saya secara tidak langsung sasarannya adalah blog. Ini tidak bisa dibiarkan! [-(

Memang sih, materi konten yang hendak dikontrol oleh PerMen tentang konten tersebut cukup baik. Konten-konten tersebut adalah konten-konten asusila, konten kekerasan, konten pornografi, konten kebohongan, konten hasutan, dan konten tidak sopan.

Kalo menurut saya sih, blogosfer mempunyai mekanisme tersendiri soal kontrol tentang konten. Jika ada konten yang kira-kira tidak pantas, salah, dan “berbahaya”, akan ada mekanisme tersendiri yang akan mengkounter konten tersebut, entah melalui komen box atau membuat postingan tersendiri.

Saya kira tidak perlu dibuat aturan khusus yang pada akhirnya menjadi mubazir karena kita tau sendiri, CyberLaw aja sampe sekarang belum beres urusannya, la kok ini mau mengurusi masalah konten. Dan kalo memang suatu saat aturan itu diterapkan, perlu ketegasan dan kejelasan dari apa yang diatur.

Ah sudahlah. Ngomongin konten di blog bisa bikin lapar. =p~ Mending kita langsung saja menikmati hidangan yang telah disediakan. Apalagi menu disajikan secara prasmanan! >:)

Ada satu tips dari saya kalo anda berkesempatan menikmati prasmanan. Tahan hawa nafsu anda untuk makan sekenyang-kenyangnya karena prasmanan memberi kesempatan kita untuk mengambil sendiri. Justru ketika prasmanan, anda mengambil “sedikit” saja makanan-makanan yang ada. Ini untuk memberikan kesempatan supaya anda bisa mencicipi semua hidangan yang tersedia. 🙂

La kalo perut kenyang, anda rugi karena anda tidak bisa mencicipi semua makanan yang biasanya terdiri dari lebih dari satu jenis makanan. :)) *keliatan kalo sering nyari gratisan*

Salah satu hidangan yang diicipi

Dan sekali lagi, singkirkan jauh-jauh rasa malu anda! Karena malu tidak membuat kenyang. Malu tidak membuat anda bisa menikmati suasana dan mencicipi berbagai makanan yang ada! 😀 Dasar gak punya malu!! :))

Pada sesi kedua setelah makan siang, acara seminar menjadi lebih tidak menarik lagi. Selain karena materi “Keamanan Sistem Informasi” yang banyak banget istilah teknisnya, penyakit lama masyarakat Indonesia pun kambuh. Apalagi kalo “sudah makan terus ngantuk”. (:|

Alhamdulillahnya acara segera usai. Dan untuk oleh-oleh, kami dapat ghonimah dari panitia dengan menukarkan cocard. Dasar blogger pembohong, kami pun akhirnya bisa menerima ghonimah tanpa perlu menukarkan cocard! >:)

Cocard yang seharusnya ditukarkan

HARI KEDUA: BIKIN RUSUH WORKSHOP

Hari kedua diisi dengan kegiatan workshop. Agenda hari itu sebenernya adalah workshop instalasi Ubuntu yang dilanjutkan dengan workshop pembuatan blog dengan menggunakan WordPress.Com, serta workshop keamanan sistem informasi yang berjalan paralel dengan workshop pertama.

Di hari kedua ini seharusnya saya dan beberapa teman mendaftar sebagai peserta. Saya dengan lagak sok tau mendaftar workshop keamanan sistem informasi, sedangkan beberapa rekan mendaftar workshop instalasi Ubuntu dan ngeblog. Sebenernya tujuan utama kami adalah tetep makan gratis dan mencari hadiah. >:)

Workshop instalasi Ubuntu saat itu dibantu oleh temen-temen dari KPLI Jogja dan Komunitas Ubuntu-Id. Sedangkan pada sesi workshop pembuatan blog, kami dimintai bantuan untuk membantu nyuci-ngepel di acara ini.

Bukannya membantu, kami malah membuat rusuh dan heboh. La bayangkan saja, hasrat narsis dan sok fotomodel kami pun tersalurkan dengan nistanya. :))

Dengan lagak sok ganteng, saya diminta ngebantuin ngemsi di acara bonafit tersebut untuk mendampingi Bung Feha. Sebelum ngemsi, pose nista dulu geeh.. :)>-

Bersama Fery Haris

Pas sesi praktek, ternyata banyak juga peserta yang bingung. Nah, saya pun membantu membingungkan para peserta. :)) La gimana lagi, saya juga bingung karena saya bukan pengguna WPC. Ternyata WPC beda dengan WP yang biasa saya pakai. 😕

Membingungkan peserta workshop

Apalagi saat itu kami kebanjiran benwit. Maklum saja, koneksi saat itu disediakan oleh Telkom Speedy yang lagi promosi. Kalo pas promosi gini, kecepatannya bener-bener mangtabz!! Was wus was wus. Kami pun bisa keceh bahkan renang-renang di lautan benwit. Apalagi yang dilakukan kalo ndak narsis pamer blog? :))

Pamer blog dulu

Acara pun diakhiri dengan sesi promosi dari pihak Telkom Speedy. Sesi ini kami ikuti dengan penuh antusias. Bukan, bukan karena materinya yang menarik, tapi karena banyaknya hadiah yang disebarkan bagi peserta yang berpartisipasi. Aha! Akhirnya saya mendapat sebuah mug. Lumayan.. 😀

Di sesi workshop ini, akhirnya salah satu anggota CahAndong yang selama ini blogless akhirnya mengumpulkan laporan KP membuat blog! Cihuy!! Makan-makanâ„¢! <:-P

Sebelum berpisah, kami pun berpamitan dengan rekan-rekan di Depkominfo. Tentu saja dengan acara foto-foto!

Foto Bersama rekan-rekan DEPKOMINFO

28 thoughts on “Kisruh DEPKOMINFO!”

  1. Asik ya di Jogja ada begituan, di Jakarta ada gak ya… apa aku yang gak tau ya hoho. Itu dosen pembimbingnya jaim tuhhh, gak mao dibilang SMP hahaha. Paling abis makan dia gak kerja tapi zalan-zalan.

    Zam, jangan lupa segera diselesaikan ya!!! Hahahahahaha

  2. wakakakakaka :)) mampus tuh ketemu dosen pembimbing =))
    “SMP dong pak?? :))” =))
    “Bukan, SMA!! (sudah pulang ‘assalamu’alaykum :-h ‘ ;)) )”

  3. bajirut!!
    ini pembunuhan karakter!!
    masak saya juragan b*k*p jepang???
    eh.. tapi bener ding.. eh nggak, saya ini admirer!
    saya melakukannya dengan cinta.

    eh ini postingan tentang depkominfo ya?
    pokoke saya setuju hasil rapat itu!
    semoga kaliancepat lulus!!

  4. wah zam.. kamu turun gak bilang2.. aku bosen je, di seminar keamanan… hakekeke… enak dibawah kayaknya ;))

  5. boh, aku gak kebayang kalo ketemu dosen gitu 😀 brani ngomong SMP lagi *ctuqs!*

    semakin seleb saja dirimu zam.

  6. *sembari menahan malu ketawa diliatin orang di warnet!*

    wakakakakakakak

    sek tak ngguyu maneh… =))

    “segera diselesaikan ya masâ„¢!”
    *saya cuman mengutip, bukan memberi motivasi!* ;))

  7. @diditjogja: mohon maap.. ini dari oknum kominfo… foto belum bisa dikirim, hari senin waktu mau pindahin dari hard disk ke cd ditengah2 proses mati lampu… mak pet… alhasil folder isi foto di hard disk corrupt… gak bisa dibuka… lagi dikoprek supaya bisa dibuka… doain aja… kalo nggak bisa.. habis lah.. itu foto di jogja yg lebih dari 300 exp… 🙁 sampe sekarang emailnya juga masih berantakan gara2 servernya sempet tewas mendadak…

Comments are closed.