JanjiHati.Com: Situs Pernikahan Fany & Yudis

JanjiHati.com - The Wedding Page Fany & Yudis

Akhir Mei 2009, saya dimintai tolong Fany untuk membuatkan desain situs pernikahannya dia ama Yudis. Karena waktunya mepet banget, saya cuma mengkonversi konsep undangan cetak ke web.

Situs ini dibuat pake WordPress. Dengan hanya berbekal theme khusus, kita bisa membuat WordPress tidak lagi menjadi mesin blog namun lebih ke sebuah CMS yang fleksibel dan lengkap.

Continue reading JanjiHati.Com: Situs Pernikahan Fany & Yudis

I Went to WordCamp Indonesia!

matt-matriphe

Yay! Saya datang ke acara WordCamp Indonesia! Hehe. Ya, ya. Saya memang kemlinthi, kemaki, sombong, takabur, atau apa pun lah! Yang penting saya ketemu dan foto bareng sama Matt Mullenweg, Tuhannya WordPress! \:d/

Yak! Postingan ini cuman mo pamer foto ajah. Matt Mullenweg ketemu dengan Jengjeng Matriphe! Sama-sama “mat”. :)) Hayo tebak, yang mana yang Matt Mullenweg? ;))

La saya juga ndak begitu paham dengan materinya. Daripada ngantuk, mending cekakak cekikik di belakang, sambli nyobain internet dari UniNet.

Yang pasti acara ini emang keren banget! Nggak menyesal datang ke acara ini. ๐Ÿ˜€

Tahun Baru, Desain Baru, Konsep Baru

jengjeng matriphe!

Tahun baru telah tiba. Kini saatnya berganti layout baru setelah lama sekali saya ndak ganti layout. ๐Ÿ˜€

Sengaja saya pas-paskan sama tahun baru, biar kelihatan pas saja. ๐Ÿ˜€

Ya, di tahun baru ini, selain desain yang baru, saya juga mencoba mengubah konsep blog saya dengan konsep yang baru.

Seperti slogan blog ini, saya pengen sekali jalan-jalan dan makan-makan, yang kemudian saya dokumentasikan di blog.

Continue reading Tahun Baru, Desain Baru, Konsep Baru

Fitur Baru di JengJeng

JengJeng v3

Setelah lama ndak ngerusak soskot WP, di sela-sela penyiksaan kerjaan, saya menyempatkan diri untuk ngilik template itung-itung sebagai intermezo dari rutinitas. Sebenernya sih karena ancaman simbok Venus untuk merombak template lamanya. :-S

Walau sebenernya hasil pengrusakan saya ini belum kelar-kelar bener, tapi rasa sombong dan takabur membuat saya ingin buru-buru pamer. Yah, bisa dibilang semacam soft launching gitu lah.. b-)

Sekilas memang ndak banyak berubah, karena saya cuma nambah beberapa aksesoris sebagai ajang sok-sokan saja dan biar dibilang heker yang keminter. :))

Continue reading Fitur Baru di JengJeng

Ngeblog Pake WP untuk Pemula

Panduan Bikin Blog dengan WordPress untuk Pemula

Ada sebuah buku yang seharusnya saya baca dan review beberapa abad yang lalu. Namun karena alasan kesibukan, akhirnya baru sekarang saya sempet melakukannya.

Seorang seleblog mengancam meminta saya untuk membaca bukunya. Sebuah buku yang mungkin berguna untuk temen-temen yang pengen ngeblog, tapi ndak tau gimana cara untuk memulainya.

Karena saya bukan orang yang ahli masalah beginian, saya mencoba sebisa saya. Otak yang bebal ini saya setting sedemikian rupa agar supaya bisa mengikuti apa yang ditulis di dalam buku.

Continue reading Ngeblog Pake WP untuk Pemula

jengjeng CSS Rebooted!

jengjeng CSS Spring Reboot

Yes. It’s May 1st. This is the time I proudly introduce the new CSS on this blog. Not only this blog, but many blogs out there are doing the same. We’re the participants of Spring 2007 CSSReboot event. ๐Ÿ™‚

So, what is it all about?

The CSS Reboot is a community event for web professionals and enthusiasts. Every November 1st and May 1st at 18:00 GMT, Rebooters from all over the world launch their standards based website redesigns simultaneously; bringing traffic, interest and a little respect to their sites. There are no prizes or arbitrary winners, just great exposure and the knowledge that we all participated in something great.

Continue reading jengjeng CSS Rebooted!

Galeri Narsis

Galeri Narsis

Hasrat narsis, sepertinya menjadi hal yang lumrah di kalangan blogger. Tak jarang terdengar ungkapan, bloggers are narsis. Hasrat narsis biasanya terungkap melalui foto, postingan, atau bermacam hal. Dan yang paling banyak terjadi adalah narsis melalui foto! :)>-

Nah, untuk menyalurkan hasrat narsis tersebut, sekaligus sharing foto-foto yang semakin banyak memenuhi hardisk, saya pun memutuskan memasang plugin fGallery bikinan Fredrik Fahlstad yang tentunya sudah saya acak-acak agar sesuai dengan theme. ๐Ÿ˜€

Kenapa ndak pake Flickr, Friendster, atau Multiply saja? Ah, saya lebih suka make tempat sendiri. Lagian fasilitas yang ditawarkan di tempat-tempat itu kurang bisa “diacak-acak”. >:)

Foto-foto yang termuat di galeri narsis tersebut adalah foto-foto dokumentasi per-jeng-jeng-an saya yang ndak sempet termuat dalam postingan. Saya yakin ndak semua orang mau menjelajahi galeri saya itu. Tapi yang pasti, galeri itu saya pasang untuk dokumentasi pribadi. :p

Kalo sampeyan kurang kerjaan dan kelebihan bandwidth, sumonggo jelajah galeri narsis saya tersebut. ๐Ÿ˜‰ Jangan lupa siapkan wadah untuk tempat muntah! :))

<!–Updated: Cara menampilkannya di blog (sebuah tutorial sederhana).–>

Update: Fitur ini sudah dimatikan. ๐Ÿ™‚

Diserang Spam?

Spam in moderation

Lagi-lagi saya posting sesuatu yang penuh dengan ke-sotoy-an. Ternyata banyak hal menarik yang bisa ditemukan selama per-jeng-jeng-an saya di jagat maya, yang tentunya bisa dijadikan bahan dobosan. ๐Ÿ˜€ Ah, ini sih sebenernya cuma alesan klasik saja karena saya belum bisa jeng-jeng yang sesungguhnya. :((

Ngomong-omong soal spam, berapa banyak sih rekor blog kamu diserang oleh spam? Tentunya sebelum memasang plugin anti-spam sebelumnya.. ๐Ÿ˜€

Continue reading Diserang Spam?

JengJeng versi 1

JengJeng versi 1

Setelah sebulan saya menggunakan tampilan default Kubrick, akhirnya saya berganti tampilan.

Selain tampilan berganti, saya juga mengganti judul blog ini. Kalo dulu judulnya jรƒฦ’ร‚ยจng-jรƒฦ’ร‚ยจng bareng matriphe! dengan deskripsi sebuah kisah perjalanan seorang gelandangan blog, kini berganti nama menjadi jengjeng (dot) matriphe.com dengan sebuah tagline dijamin capek! bacanya karena postingan di blog ini akan panjang-panjang dan bertele-tele. ๐Ÿ˜€

Menggunakan WordPress 2.1.2, tampilan ini saya bikin simpel karena saya ndak suka yang ruwet-ruwet. Semoga tampilan ini nyaman di mata serta bersahabat dengan browser text-based atau pun browser XHTML.

Oiya, kripik dan sambal kritik dan saran, terutama dari para jago-jago desain dan anda semua tentunya, sangat saya harapkan. Silahkan tuliskan di bagian komentar. ๐Ÿ™‚

UPDATE: Ternyata ada bugs yang membuat komentar tidak dapat masuk. Mohon maaf buat temen-temen yang hendak mengirim komentar tetapi menemukan error. Kini temen-temen bisa berkomentar. ๐Ÿ™‚