Sensasi Pedas-Manis-Dingin Rujak Es Krim

Rujak Es Krim

Pedas, biasanya membawa sensasi hot, panas, dan berkeringat. Lalu bagaimana kalo sensasi pedas justru dipadukan dengan nuansa manis dan dingin?

Di Jogja, ada jajanan khas yang cukup banyak bertebaran. Jajanan yang mantab disantap di kala panas terik. Jajanan itu adalah Rujak Es Krim.

Sebuah perpaduan yang ndak umum namun unik serta kreatif. Rasa pedas dipadukan dengan rasa dingin dan manis es krim justru memberikan sensasi rasa berbeda.

Jangan dibayangkan es krim yang dipakai itu es krim mahal, namun yang dipakai hanyalah es puter biasa. Hm.. Ternyata selain roti tawar, paduan es puter rupanya juga cukup nendang bila berpadu dengan rujak.

Rujak yang digunakan pun, rujak biasa. Parutan buah-buahan yang terdiri dari ketimun, bengkuang, mangga muda, pepaya, nanas, dan kedondong ini dipadukan dalam air gula jawa dan sambal rujak.

Penyajiannya pun sangat sederhana. Rujak diwadahi dalam mangkuk, kemudian es krim diserut dari tabung dan diletakkan di atas rujak. Ada versi lain rujak yang menambahkan susu kental manis coklat di atas es krim.

Cara makannya pun bisa berbeda-beda. Ada yang menyendokkan dari pinggir satu-satu lalu membiarkan rujak dan es krim yang mulai meleleh berpadu di dalam mulut.

Kalo saya lebih suka mengaduk dahulu es krim dengan rujak sehingga tercipta campuran es krim leleh berisi rujak. Bubur es krim isi rujak, saya bilang.

Namun bagaimana pun cara memakannya, yang penting sensasi kenikmatan rujak es krim ini bisa kita nikmati dengan maksimal. Soal selera, ini tentu berbeda.

Walau bisa dikatakan penjual Rujak Es Krim ini banyak bertebaran, kita harus jeli untuk menemukannya karena biasanya pedagang ini menggelar dagangan di kaki lima atau dengan berkeliling menggunakan gerobak.

Nah, salah satu tempat yang cukup populer menikmati Rujak Es Krim ini adalah di kompleks alun-alun Pura Pakualaman.

Sebuah gerobak mangkal di warung knock-down beratapkan terpal lengkap dengan bangku dan meja kayu. Cukup sederhana namun mampu menghadirkan kesan romantis.

La buktinya, banyak pasangan muda-mudi usia belasan berseragam sekolah yang duduk-duduk mepet menikmati Rujak Es Krim sambil senyum-senyum penuh asmara.. Halah! :-j

Suasana yang rindang karena di alun-alun ini tumbuh 2 pohon beringin tua besar membuat angin bertiup sepoi-sepoi, semakin menambah sensasi rasa jika kita menyantap es ini di siang hari yang panas menyengat.

50 thoughts on “Sensasi Pedas-Manis-Dingin Rujak Es Krim”

  1. Ahh ini mungkin soal selera.. Saya koq gak begitu suka rasa kombinasi dr rujak es krim itu..
    Absurd! Jajanan yg aneh.. Saya lebih suka versi orisinil rujak atau es krim
    *menurut saya lho*

  2. barangkali ini selera tadi Le…
    saya pun, akan memilih rujak saja atau eskrim saja
    eh, tapi kadang selingan juga perlu yak πŸ˜€

  3. “Suasana yang rindang karena di alun-alun ini tumbuh 2 pohon beringin tua besar membuat angin bertiup sepoi-sepoi, semakin menambah sensasi rasa jika kita menyantap es ini di siang hari yang panas menyengat.”
    sayangnya, saat saia sudah mengkhatamkan satu forsi rujak es krim, malah disambut dengan hujan lebat waktu itu….

    cih, bukannya foto saia yang difosting, malah foto rujak yang kmaren itu. huh! saia ansab!!!! *gabung aja belom….*

  4. ini penemuan racikan yg jenius. memadupadankan keserasian lembut es krim dan pedasnya rujak. asoooooyyyyy, asal jangan banyak2. isa bikin mencri-mencri. paling enak disantap setelah makan bakso panas pak petruk.

    hmmmmm………….

  5. yang paling aku suka rujak eskrim di depan SD Puren, selain enak, murah, deket banget dari rumah (tinggal jalan kaki), hehe…

  6. waaaaa.. udah lama ngga makan rujak es krim ituuuuh.. dulu suka lewat depan rumah hiks πŸ™ jadi makin kangen pulang ke Jogja, di jakarta belum pernah nemu yang gituu :((

  7. Wah ini patut dicoba saat mudik – jadi menu nomor wahid untuk di testing.. trims buat tipsnya, jadi nambah deh macam jajanan nusantara yang menggoyang lidah πŸ˜€

  8. pas hamil aku pernah pengen rujak es krim pakualaman .. padahal nang ndeso kene ora ono. huhuhu .. untung kesampaian pas mudik. hehe .. sipp, gambare sedap banget! biasane es puternya enggak sebanyak itu.. πŸ˜•

  9. hiks… baca ini jadi kangen pulang jogya… piye tho… smp-ku dulu tuh SMP Muh II depan gedung film permata itu… jadi kalau pulang sering glathakan ke pakualaman cari rujak es krim ini.

    cuma, seingatku dulu dia tidak pakai terpal-terpalan… asli cuma grobak yang nongkrong ditemani 3 kursi plastik… yang beli jadinya banyakan dibungkus… jarang nongkrong, wong gak ada yang buat nongkrong kok.

    btw, YM-mu apa tho zam?

  10. :d:)
    hmmm enak sekali…
    insya Allah teman teman yang menginginkan rujak es krim bisa mampir juga ke UNS Surakarta

  11. Wah, di pasuruan, jatim belum ada. ada peluang usaha ga ya?

    Teman2, siapa yang ingin buka usaha Rujak Es Krim di pasuruan? πŸ™‚ 😑

  12. siang hari panas2…rujak es krim makanan favorit ku dan mantan pacar tercinta. aku harap dia jg selalu merindukan…. love you so

  13. di depok sekarang juga ada ko. mang mantep sekali rasanya. palagi klo panas-panas. manyuuuuuuuuuusssssss tenan. klo ada yang pengin nyoba di depok arah perumahan jatijajar simpangan. ada tuh. coba deh jalan-jalan kesana.
    dijamin manyyyyyyyuuuuuuuusssssssssss. hehehehheheh

  14. kmrn aku nyobain.. tapi sukanya sedang aja jangan terlalu pedas. dah gitu penjualnya ramah pula. dikasih bonus satu. ntar klo adiku nikah aku pesen disana ahhh.

  15. klo pengen rujak es kream ya dateng aja ke jalan parangtritis km 5 dekat depan samsat bantul sebelah koramil cari mase SLAMEEETTT WEEE ENAK BANGET LHO DAB!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  16. Monggoh mampir di bakul ku.. RUJAK ES KRIM KHAS ALUN ALUN YOGYAKARTA buatan kami.. Segarnya buah dengan siraman bumbu rujak yang manis asam pedas berpadu dengan lembutnya eskrim yang segar diberi coklat leleh dan taburan kacang… Manis Asam Asin Pedas Segar… SEMPURNA…
    Penasaran?cekidot di

    Pasar Modern BSD Serpong, Tangerang pintu selatan…

    Gratis tester selama masa promosi…

Comments are closed.