Kopdar Bersama Budi Putra

Bertemu Budi Putra

Hari Senin, 17 September 2007 kemarin, saya dan temen-temen mendapatkan kesempatan bagus, bertemu dengan salah satu tokoh penting di blogosphere, Pak Budi Putra.

Acara ketemuan ini sebenernya berawal dari acara Roadshow Nokia Nseries Blogging Workshop yang dilakukan di 5 kota. Kebetulan setelah di Semarang, Jogja menjadi kota tujuan berikutnya sebelum roadshow ini berlanjut ke Surabaya.

Dalam sejarah, acara kopdar kemarin itu adalah acara kopdar paling serius yang pernah saya ikuti. Banyak hal yang secara pribadi saya petik ketika berbincang dan berbagi dengan beliau.

Continue reading Kopdar Bersama Budi Putra

Kopdar Raya: Cukup Sudah!

Kuingin ke Pantai!

Sebenernya saya ingin memenuhi janji saya kemarin, tapi apa daya, sepertinya saya tidak dapat memenuhinya. Serangan kopdar bertubi-tubi membuat saya terserang overkopdar. Duit terkuras, badan lemas, posting pun jadi malas. Ah, sesuatu yang berlebihan dan terus menerus itu ternyata tidak baik, jendral!

Ya, ya, saya cuma mau melacak balik laporan Month of Kopdar! yang sudah diposting di CahAndong. Silakan baca-baca dan berimajinasi saja bagaimana rusuhnya kopdar itu. πŸ˜€

Biar meriah, pastikan juga Anda membaca postingan kopdar itu sambil mendengarkan Lagu Kopdar yang menurut saya wagu, ra mutu, dan kualitas rekamannya jelek ini. Heheh.. :)>-

Thanks to Mas Anang sang fenomenal! πŸ˜‰ Kapan saya bisa kopdar bareng Anda, Mas? ;;)

Kalo menurut saya, kopdar tuh adalah suasananya, rasa kebersamaan dan persaudaraannya. Kalo soal foto-foto, makan-makan, dan jalan-jalan, itu sih resikonya. πŸ˜€ Buat apa kita rame-rame nyanyi-nyanyi, ketawa-ketawa, tapi ndak bisa menikmati suasana? Tul, gak?

Ah, cukup sudah. Aku ingin pergi. Menikmati sendiri. Menjerat sunyi. Mencumbui Gadiza Fauzi sepi.

Aku ingin pulang.. πŸ™

Kopdar Raya: Pantai Pandansari

Kopdar Raya: Pantai Pandansari

Sebenernya saya bingung mo posting gimana. Bayangkan saja, setelah dihajar hatrick kopdar, kini saya dan temen-temen kudu melayani serangan blogger-blogger dari luar Jogja.

Bisa dibilang ini Hari Raya Kopdar. La setelah beberapa waktu saya berpuasa kopdar, kini saatnya berhari raya. Ditambah tamu-tamu yang datang ke Jogja berasal dari jauh semua, membuat nuansa hari raya semakin terasa! \:d/

Mulai tulisan ini, saya mencoba menuliskan suasana kopdar yang saya alami secara bertahap. Rasanya terlalu panjang kalo ditulis di dalam satu postingan. Yah, lumayan lah buat refreshing selama mengurusi yudisium yang melelahkan setelah dicabut status saya sebagai mahasiswa. πŸ˜€

Kopdar pertama adalah di Pantai Pandansari, pantai eksotis yang memiliki sejuta kenangan. *lirik Monik* Pantai dengan sebuah mercusuar menjulang yang jarang dijangkau orang. πŸ˜€

Continue reading Kopdar Raya: Pantai Pandansari

Ultah Jalansutra ke-4

Ulang Tahun Jalansutra ke-4

Jalansutra bukanlah Jalan Sutra (Silk Road) dan Makansutra juga bukan Makan Sutra (silk eating). Kalo ingat Kamasutra, Sutra (pengetahuan dan keterampilan) tentang Kama atau hal-hal yang menyangkut hubungan ragawi antara perempuan dan laki-laki. Jadi, Jalansutra adalah pengetahuan tentang jalan-jalan dan karena jalan-jalan biasanya juga melibatkan makan-makan, maka Jalansutra sekaligus Makansutra.

Jalansutra berawal dari tulisan Bondan Winarno di Kompas Cyber Media dan Suara Pembaruan Minggu kemudian berkembang menjadi sebuah komunitas yang mempunyai kepedulian terhadap hal-hal yang berkaitan dengan boga dan budaya. Bahkan anggota komunitas ini telah mencapai angka 10.000!

Hari Jumat, 29 Juni 2007 kemarin, Jalansutra merayakan ulang tahunnya yang ke-4. Walau perayaannya dipusatkan di Jakarta, beberapa daerah seperti Jogja, Bali, Semarang, dan New York pun ikut serta serentak merayakan ulang tahun JS.

Continue reading Ultah Jalansutra ke-4

Jajanan Pasar Beringharjo

Jajanan Pasar Beringharjo Hunting Tour

Seperti janji saya kemarin, kali ini saya mo posting soal hasil perburuan Beringharjo Hunting Tour bareng JSers Jogja kemarin itu. Jadi bersiap-siaplah ngiler dan ngeces-ngeces.. =p~

Sebagai kekayaan food heritage Jogja, makanan ini semakin lama dan semakin terpinggirkan. Bahkan kami harus ngubek-ubek hingga ke sudut-sudut pasar. Beberapa di antaranya memang kami temukan di pinggiran pasar sih, tapi tetep saja susah menemukannya! Apalagi yang jual sudah simbah-simbah, membuat kesan beberapa makanan ini hampir punah jika tidak diselamatkan dan diperkenalkan kepada generasi muda. Halah!

Makanan tradisional ini mungkin di tempat lain beda namanya. Bahkan beberapa nama makanan itu saya baru dengar dan baru tau bentuk dan rasanya ya pas ikutan acara kemarin itu. Jadi kalo temen-temen menemukan makanan sejenis tapi berbeda nama, tak perlu dipermasalahkan bukan? πŸ˜‰

Beberapa makanan yang akan saya tulis di sini antara lain: Kue Mata Kebo (ada yang menyebut dengan Mendhut atau Kue Putri Mandi), Kue Mangkuk, berbagi jenis bubur, Roti Kolomben, Bakmi Pentil, Bolu Emprit, berbagai umbi-umbian, Biskuit Jahe, Kethak Manis, Blondho, dan Growol.

Continue reading Jajanan Pasar Beringharjo

Hatrick Kopdar!

Hatrick 5x Kopdar

Beberapa hari ini, saya mengalami 5 kali kopdar berturut-turut. Bisa dibilang ini hatrick, karena dalam seminggu, saya berjumpa muka dengan rekan-rekan yang selama ini hanya bersua melalui alam ghoib alias alam maya internet lebih dari 3 kali.

Maklum, sebagai seleblog gembel blog, acara kopdar yang tak jauh-jauh dengan makan-makan, gojek kere, dan guyon goblok itu jelas mengasyikkan. Berjumpa dengan kawan, ece-ecenan, ngakak-ngakak, dan tentunya berjengjeng adalah hal yang membuat seorang gembel macam saya ini bisa melupakan sejenak rutinitas dunia yang menyesakkan.. Halah..

Kali ini acara jumpa fans garukan gembel blog yang saya alami adalah ketemu Mbak Elsa untuk dinner dan keluyuran, nonton bareng FKY 2007 sama eblis-ebliswati CahAndong, hunting makanan langka bareng JSers, dan nonton Sirkus Kontemporer Compagnie 9.81.

Continue reading Hatrick Kopdar!

Gempar Alun-Alun Kidul

Gempar Alun-Alun Kidul

Melanjutkan seri Kopdar Raya kemarin. Kali ini Kopdar Raya diadakan masih secara dadakandotkom. Apalagi kopdar diadakan untuk menyambut tamu dari Jakarta dan Makassar.

Hari Kamis (17 Mei 2007) malam, bertempat di sudut timur-laut Alun-Alun Kidul Yogyakarta, rekan-rekan Andong menjamu para tamu dengan bersahaja sambil menikmati suasana eksotisme malam.

Tentu saja kami tak sendiri. Semangkuk wedang ronde, beberapa batang jagung bakar, beberapa ikat kedelai rebus, serta beberapa bungkus kacang rebus menemani kami bergojek kere dan berguyon goblog.

Ah, sepertinya sudah lama kami tak berkumpul seperti ini.. :drunk

Continue reading Gempar Alun-Alun Kidul

Kisruh DEPKOMINFO!

Kisruh Depkominfo

Karena beberapa hari terakhir ini banyak sekali acara kopdar, maka acara kopdar akan saya tuliskan secara bersambung mulai postingan ini. Maklum (merasa sok) seleblog, dab! B-)

Sepertinya bulan Mei ini bakal menjadi bulan kopdar bagi temen-temen blogger Jogja. Setelah mengawali bulan dengan menyerang Semarang dan kumpul-kumpul gak jelas beberapa waktu yang lalu itu, kini giliran Jogja yang diserang. Mulai dari Depkominfo yang menginvasi hingga serangan blogger-blogger luar kota, baik yang pulang kampung atau cuma datang berkunjung.

Mari kita langsung saja ke bagian pertama dari acara yang bertajuk Kopdar Raya ini, yaitu Kisruh DEPKOMINFO. Selamat mengikuti. πŸ™‚

Continue reading Kisruh DEPKOMINFO!

Detik-Detik di Angkringan-Detik

Muka Detik

Modiar! Opo kui maksud judule? :p Tapi memang bener ada 2 oknum Detik yang telah menculik saya lalu kita balik menjajah kantornya hanya demi menyalurkan hasrat narsis dan menyalurkan bakat fotomodel yang terpendam jutaan tahun hingga memfosil. πŸ˜€

Ahad malam (13 Mei) itu, terjadilah persekongkolan dan pertemuan gelap (la emang tempatnya cukup gelap) di sebuah angkringan yang paling terkenal se-Jogja, Angkringan Lik Man, Stasiun Tugu.

Bukan, ini bukan pertemuan untuk melancarkan skenario kerusuhan Mei yang terjadi 9 tahun yang lalu, tetapi hanyalah perkumpulan para mahasiswa blogger frustasi untuk bertemu muka, menjalin silaturahmi dan rasa senasib sepenanggungan karena sama-sama belum lulus demi tercapainya bloggerhood yang tentram, tertib, adil, dan sejahtera berdasarkan UUD.

Continue reading Detik-Detik di Angkringan-Detik