Museum Wayang: Menyimpan Koleksi Wayang Berbagai Daerah

Prasasti Museum Wayang

Kota tua Jakarta memang masih memesona. Melanjutkan perjalanan penjelajahan museum, kali ini saya mengunjungi Museum Wayang, yang beralamat di Jl. Pintu Besar Utara No. 27, Jakarta. Terletak di kawasan Taman Fatahillah, museum ini merupakan salah satu museum dari beberapa museum yang ada di kawasan ini.

Gedung ini begitu mudah ditemui karena cat temboknya yang berbeda warna. Warna coklat yang dominan di antara gedung-gedung lain berwarna putih membuat gedung museum ini mudah ditemukan.

Continue reading Museum Wayang: Menyimpan Koleksi Wayang Berbagai Daerah

I Went to WordCamp Indonesia!

matt-matriphe

Yay! Saya datang ke acara WordCamp Indonesia! Hehe. Ya, ya. Saya memang kemlinthi, kemaki, sombong, takabur, atau apa pun lah! Yang penting saya ketemu dan foto bareng sama Matt Mullenweg, Tuhannya WordPress! \:d/

Yak! Postingan ini cuman mo pamer foto ajah. Matt Mullenweg ketemu dengan Jengjeng Matriphe! Sama-sama “mat”. :)) Hayo tebak, yang mana yang Matt Mullenweg? ;))

La saya juga ndak begitu paham dengan materinya. Daripada ngantuk, mending cekakak cekikik di belakang, sambli nyobain internet dari UniNet.

Yang pasti acara ini emang keren banget! Nggak menyesal datang ke acara ini. 😀

Kartun Benny & Mice: Jakarta Atas Bawah

Sebagai pendatang di Jakarta, saya sering banget menemukan berbagai keanehan, kekatrokan, dan ke-snobis-an warga Jakarta. Namun saya ndak bisa menggambarkan keadaan itu dengan nyata dan mengungkap sisi kelucuannya.

Buku kumpulan kartun Benny & Mice yang pernah diterbitkan pada Kompas edisi Minggu ini bener-bener bisa mengungkap apa yang ingin saya ceritakan itu dengan nyata. Seolah-olah saya berada di dalam kotak itu dan terlibat langsung di dalamnya.

Continue reading Kartun Benny & Mice: Jakarta Atas Bawah

I Went to Pesta Blogger 2008!

Perhelatan akbar Pesta Blogger 2008 yang mengumpulkan para bloger (hampir) dari seluruh penjuru Indonesia kemarin boleh dibilang cukup sukses.

Saya beruntung bisa menghadiri perhelatan akbar tersebut, dengan motivasi yang tak lain dan tak bukan adalah kopdar, kumpul-kumpul, guyon goblok, dan gojek kere bersama teman-teman sesama bloger.

Continue reading I Went to Pesta Blogger 2008!

Belajar Astronomi di Planetarium, Jakarta

Hari Minggu (2/11) kemarin, saya dan Dita berkunjung ke Planetarium, yang terletak di Jalan Cikini Raya No. 73, di dalam kompleks Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat.

Turun dari Stasiun Cikini, kami pun berjalan kaki menuju TIM. Daripada naik angkot yang harus muter (karena jalan searah), kami berjalan kaki walau panas menyengat.

Continue reading Belajar Astronomi di Planetarium, Jakarta

Nostalgia Ayam Bakar Sari Mulia Asli, Megaria

Ayam Bakar Megaria

Kompleks Bioskop Megaria yang terletak di pertigaan Jalan Cikini Raya, Jalan Diponegoro, dan Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat ini rupanya menyimpan cerita kuliner nostalgia.

Ayam bakar khas Solo ini selain mempunyai cerita historia tersendiri, juga membawa nuansa nostalgia rasa ayam bakar tempat saya besar, Solo.

Continue reading Nostalgia Ayam Bakar Sari Mulia Asli, Megaria

Pelabuhan Sunda Kelapa, Cikal Bakal Jakarta

Pelabuhan Sunda Kelapa

Berada di Pelabuhan Sunda Kelapa, mengamati aktivitas bongkar muat barang di sana, membuat saya menelaah kembali lirik lagu, “nenek moyangku orang pelaut..”

Mungkin ndak banyak yang tahu, kalo di pelabuhan yang saya kunjungi tersebut merupakan cikal bakal lahirnya Jakarta.

Continue reading Pelabuhan Sunda Kelapa, Cikal Bakal Jakarta

Museum Bank Indonesia, Museum Bermultimedia

Museum Bank Indonesia

Masih di seputaran Kota Tua, saya pun mengunjungi Museum Bank Indonesia, yang terletak di Jl. Pintu Besar Utara No. 3, Jakarta Barat.

Museum ini kembali membuat saya takjub. Konsep museum yang ditawarkan oleh Museum BI ini sangat keren dan berbeda dengan museum-museum lainnya.

Continue reading Museum Bank Indonesia, Museum Bermultimedia

Museum Bank Mandiri, Potret Perbankan Masa Lalu

Lobi Museum Bank Mandiri

Rasa penasaran saya terhadap bangunan berarsitektur Indische dengan gaya Nieuw-Zakelijk yang terletak di depan Stasiun BEOS (Jakarta Kota) tertuntaskan sudah.

Museum Bank Mandiri, nama gedung itu benar-benar membuat saya puas dan merasakan nuansa berbeda dari museum-museum yang saya kunjungi sebelumnya.

Continue reading Museum Bank Mandiri, Potret Perbankan Masa Lalu

Bubur Ayam Subuh versus Bandrek Abah

Bubur Ayam Shubuh

Sebenernya kapan sih waktu yang mantab untuk makan bubur ayam? Pagi? Siang? Malam? Urusan buryam begini, si Nona van Bogor lebih pandai berpantun, eh menuntun. 😀

Namun pas Ngubek Pasar Subuh Blok M beberapa waktu yang lalu, saya mendapatkan sensasi berbeda dari bubur ayam. Menikmati bubur ayam dengan backsound adzan Subuh! :))

Continue reading Bubur Ayam Subuh versus Bandrek Abah